web hit counter Wawasan Nusantara: Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan - idhealt.com

Wawasan Nusantara: Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan

idhealt.com – Konsep primer wawasan nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Hakikat wawasan nusantara diwujudkan dengan perlihatkan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Sebagai suatu konsep yang memiliki kandungan pemikiran vital, wawasan nusantara pastinya punyai kedudukan di dalam kerangka berpikir nasional.
Didalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2016) karya Sarinah, Muhtar Dahri, dan Harmaini.

Dijelaskan stratifikasi kerangka berpikir nasional, yaitu:

  • Pancasila sebagai falsafah, ideologi bangsa, dan dasar negara, berkedudukan sebagai landasan idiil.
  • Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusi negara, berkedudukan sebagai landasan konstitusional.
  • Wawasan nusantara sebagai visi nasional, berkedudukan sebagai landasan visional.
  • Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional, berkedudukan sebagai landasan konsepsi nasional.
  • GBHN sebagai politik dan strategi nasional atau sebagai kebijaksanaan dasar nasional, berkedudukan sebagai landasan operasional.

Baca juga: Asas-Asas Wawasan Nusantara

Berasal dari stratifikasi itu diketahui bahwa wawasan nusantara didalam kerangka berpikir nasional berkedudukan sebagai landasan visional.

Penting, sebagai landasan visional, wawasan nusantara merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh semua penduduk, supaya tidak berjalan penyesatan dan defleksi di dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.
Dapatkan kabar, inspirasi dan insight di email anda.

Daftarkan email

Visi bangsa Indonesia disesuaikan dengan konsep wawasan nusantara adalah jadi bangsa yang satu dengan wilayah yang utuh dan satu pula. Tidak semata-mata miliki kedudukan sebagai landasan visional didalam kerangka berpikir nasional, wawasan nusantara juga punya manfaat.

Manfaat wawasan nusantara antara lain sebagai panduan, motivasi, dorongan, dan juga rambu-rambu di dalam menentukan segala kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara negara di taraf pusat dan area maupun bagi semua masyarakat Indonesia di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara

Dilansir berasal dari buku Kewarganegaraan Penduduk Madani (2019) karya Heri Herdiawanto dan mitra-mitra, dijelaskan bahwa tujuan wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia dengan mengedepankan kepentingan nasional.

Tak sekedar tujuan itu, ada lagi tujuan wawasan nusantara yang lain, yaitu:

  1. Mewujudkan kesatuan dan persatuan seluruh aspek kehidupan untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan bangsa dan negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.
  2. Mewujudkan hubungan dengan dunia internasional berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial guna mendukung kepentingan nasional.

Baca juga: Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari idhealt.com.
Mari bergabung di Grup Telegram “idhealt.com News Update“, caranya klik link http://idhealt.com/, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *