web hit counter Sukses Budidaya Jangkrik, Kupas Tuntas Cara Budidaya Jangkrik Mudah Hasil Maksimal - idhealt.com

Sukses Budidaya Jangkrik, Kupas Tuntas Cara Budidaya Jangkrik Mudah Hasil Maksimal

idhealt.com – Hallo semuanya Budidaya Jangkrik (Liogryllus Bimaculatis) saat ini mulai banyak diminati dan gencar dilakukan oleh banyak orang. Di masa pandemi saat ini, budidaya jangkrik jadi salah satu alternatif untuk membantu perekonomian.

Jangkrik merupakan serangka yang sama dengan belalang karena punya tubuh yang kecil dan silindris. Jangkrik adalah hewan yang tergolong hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, untuk membudidayakan jangkrik ini tergolong memadai mudah.

Ada banyak laba yang bisa kami dapat ketika membudidayakan jangkrik ini, salah satunya mengingat waktu yang diperlukan untuk produksi telur cuman 2 hingga 4 minggu saja.

Daur hidup jangkrik tergolong lebih pendek yaitu jangkrik betina punyai daur hidup kira-kira tidak cukup lebih 3 bulanan. Pas untuk jangkrik jantan punya daur hidup tidak cukup dari 3 bulan. Produksi telur didalam sekali bertelur, jangkrik betina bisa menghasilkan lebih berasal dari 500
butir telur.

Budidaya Jangkrik di Indonesia

Penyebaran jangkrik di Indonesia memadai merata dan banyak jumlahnya. Sejalan dengan meningkatnya orang yang memelihara burung dan ikan, keperluan akan jangkrik  sebagai pakan burung dan ikan juga ikut meningkat.

Jangkrik terkenal dengan persentase proteinnya yang tinggi. Jangkrik yang semakin kerap diburu membuat ketersediaan jangkrik di alam bebas ikut menurun. Oleh sebab itu, saat ini banyak pihak yang memutuskan untuk membudidayakan jangkrik ini.

Tidak cuman untuk membangkitkan eksistensi budidaya jangkrik yang namanya sempat meredup juga sebagai untuk bisa membantu menambah perekonomian. Saat ini tercatat, ada lebih berasal dari 100 jenis jangkrik yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan

Jenis jangkrik yang paling banyak dibudidayakan saat ini yaitu jenis Gryllus Mitratus dan Gryllus testaclus yang biasa dipergunakan untuk pakan burung dan ikan. Dua jenis jangkrik ini mempunyai karakteristik khas yang membedakan keduanya.

Untuk jenis jangkrik Gryllus Mitratus wipositor yang lebih pendek dan punyai garis putih pada pinggir sayap nya. Pemakaian jangkrik saat ini telah lumayan eksis di kalangan penduduk.
Jangkrik punyai banyak manfaat seperti untuk pakan burung kicau, pakan ikan, dan juga untuk perkembangan udang dan lele di dalam bentuk tepung.

Cara Budidaya Jangkrik yang Mudah dengan Hasil Maksimal

Budidaya jangkrik merupakan budidaya yang jika tidak kami rencanakan dengan matang juga
akan menimbulkan kerugian. Didalam membudidayakan jangkrik juga tidak bisa sembarangan.
Ada lebih dari satu tahap yang perlu kami melaksanakan didalam pelaksanaan bisnis ternak jangkrik.

Budidaya ternak jangkrik ini dapat memberikan laba yang besar untuk pemiliknya jika jalankan budidaya jangkrik dengan tepat. Sebagian tahap didalam pembudidayaan jangkrik yaitu :

1. Penyiapan Sarana dan Peralatan

Jangkrik lebih banyak melaksanakan aktivitas di malam hari. Oleh gara-gara itu sebaiknya hindari peletakan kandang jangkrik langsung di bawah sinar matahari. Perlakukan ini bertujuan untuk memicu jangkrik merasa lebih nyaman dan tidak terganggu dengan sinar matahari yang berlebihan.

Sebaiknya letakan kandang jangkrik di daerah yang teduh dan redup cahayanya. Dan juga mencermati jauhkan kandang jangkrik berasal dari lalu lalang orang ketika musim bertelur.
Berikan kondisi pada kandang yang sama dengan habitat aslinya, seperti mengolesi dinding kandang dengan lumpur sawah dan berikan pula daun-daun kering seperti daun pisang, daun sukun, dan daun kering lainnya.

Hal ini ditunaikan supaya menghindari karakter kanibalisme berasal dari jangkrik. Lalu lapisilah lakban di sekeliling kandang jangkrik untuk memastikan bahwa kandang benar-benar kedap sehingga jangkrik tidak bisa merayap naik dan keluar dinding.

Ukuran kandang jangkrik memang tidak ada ukuran bakunya, ukuran kandang bisa menyesuaikan dengan jumlah jangkrik di dalam kandang itu. Biasanya peternak menggunakan kandang berbentuk persegi panjang dengan tinggi 30 sampai 50cm, lebar 60-100 cm sedangkan untuk panjangnya yaitu 120 sampai 200 cm.

Untuk memudahkan sirkulasi didalam kandang, bisa dengan memicu lubang dan menutupnya dengan kain kasa. Kandang jangkrik biasanya terbuat berasal dari kayu yang punyai rangka kaso, tapi bisa juga dengan menggunakan triplek.

2. Pembibitan

 

1) Pemilihan Bibit

Syarat pemilihan bibit dan calon orang tua di dalam budidaya jangkrik harus sehat, tidak sakit, tidak stigma pada badannya. Umur jangkrik yang jadi bibit biasanya berumur 10 hingga 20 hari. Jangkrik untuk bibit biasanya berasal berasal dari alam bebas.

Ciri-ciri indukan betina yaitu :

  • Sungutnya masih panjang dan lengkap
  • Kedua kaki belakangnya lengkap
  • daya lompatan tinggi, gesit, dan terlihat sehat
  • Memiliki badan dan bulu berwarna hitam
  • Pilih jangkrik yang memiliki ukuran besar

Ciri-ciri indukan jantan yaitu :

  • Memiliki suara yang nyaring
  • Permukaan punggung dan sayap halus
  • Tidak memiliki ovipositor

2) Perawatan calon induk

Jangkrik mempunyai pembawaan kanibal, oleh gara-gara itu harus benar-benar diperhatikan perlindungan makanan nya. Jangkrik yang sudah keluar berasal dari kotak penetasan dan berumur 10 hari harus benar-benar diperhatikan pemenuhan keperluan terutama makanannya.

Karena jika kekurangan makanan maka ciri-ciri kanibal jangkrik akan memakan jangkrik lain yang lebih lebah. Makanan yang untuk jangkrik biasanya yaitu ubi, singkong, sayuran, dan dedaunan yang diberikan bergantian tiap-tiap hari.

3) Sistem perkembangbiakan

Perkembangbiakan jangkrik yaitu dengan mengawinkan jangkrik jantan dan jangkrik betina. Lalu akan menghasilkan telur yang nantinya menetas jadi jangkrik yang baru. Untuk bertelur ada cara alami dan caesar, tapi untuk cara caesar mempunyai resiko yang tinggi dan jangkrik akan rawan mati.

4) Reproduksi

Orang tua jangkrik punyai kekuatan tetas tinggi tidak cukup lebih mencapai 80 sampai 90 prosen. Hal ini bisa tercapai dengan memberikan ramuan-ramuan yang spesifik untuk orang tua jangkrik seperti bekatul, jagung, ketan item, tepung ikan, dan vitamin.

Di sisi lain, pastikan kandang jangkrik udah mempunyai bentuk serupa dengan habitat aslinya. Siapkan media pasir di di dalam kandang sebab jangkrik biasanya akan meletakan telur mereka
di pasir atau tanah. Letakan pasir di atas piring supaya nantinya mudah didalam memisahkan telur jangkrik.

Perbandingan jumlah betina dan jantan ketika musim bertelur yaitu 10 : 2, ketika jangkrik udah selesai bertelur kira-kira 5 hari maka pisahkan piring area telur jangkrik sehingga orang tua tidak memakan telurnya.

5) Proses Penetasan Telur

Penyiapan kandang sebelum penetasan telur memang sangat penting. Lapisi permukaan kandang dengan pasir, sekam atau handuk yang lembut. Masukan 1 sampai 2 sendok telur di mana berkisar 1.500 sampai 2000 butir telur. Menyemprot telur tiap-tiap hari dan bolak-balik supaya telur tidak berjamur. Telur akan menetas 4 sampai 6 hari.

6) Pemeliharaan

  • Sanitasi

Sanitasi merupakan hal yang sangat penting didalam pembudidayaan jangkrik guna menghindari adanya zat-zat atau racun yang terdapat pada bahan kandang. Oleh karena itu, sebelum memasukan jangkrik ke kandang lebih baik mengolesinya dengan lumpur sawah.

  • Pengontrolan Penyakit

Hindari kondisi kandang yang kembab dan juga pisahkan jangkrik yang sehat dan yang sakit supaya penyakit pada jangkrik yang sakit tidak menulari jangkrik yang sehat.

  • Perawatan dan Pemeliharaan

Pemenuhan gizi yang lumayan sangat memengaruhi tumbuh kembang jangkrik. Anakan jangkrik yang masih berusia 1 hingga 10 hari diberikan voor atau pakan ayam yang terbuat berasal dari kacang-kacangan kering .

Jika usia jangkrik udah lebih berasal dari 10 hari maka bisa kami berikan pakan berupa sayur-sayuran, jagung muda, dan gambas. Untuk jangkrik yang tengah berada pada fase perjodohan, bisa kami berikan pakan berupa sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, singkong, dan ketimun yang mempunyai persentase air yang tinggi.

Pembudidaya juga biasa mengimbuhkan pakan lain berupa bekatul jagung, tepung ikan, ketan hitam, kuning telur, dan vitamin lain. Hal lain yang tak kalah penting yaitu kondisi kandang jangkrik, berikan kaleng yang memuat kaleng ke kedua kaki kandang dan ganti selama 2 hari sekali.

7) Panen

Didalam hal pembudidayaan jangkrik, petani bisa mendapat laba yang cukup besar. Ada dua hasil utama yang nilai ekonominya memadai besar yaitu telur jangkrik dan jangkrik dewasa yang miliki harga hemat lumayan tinggi.

BACA JUGA

Nah sobat itulah ulasan cara budidaya jangkrik yang sangat menggiurkan yang bisa kalian jadikan referensi. Apakah diantara kalian ada yang minat budidaya jangkrik? Terimakasih selalu mengunjungi website admin idhealt.com. Ikuti terus admin agar tidak ketinggalan informasi lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.