web hit counter Soal Perubahan Kemiripan Seragam Satpam di Indonesia - idhealt.com

Soal Perubahan Kemiripan Seragam Satpam di Indonesia

idhealt.com – Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) kembali berubah setelah pada tahun lalu sempat diganti. Peraturan yang diambil oleh pemerintah itu dikerjakan karena banyak yang menilai bahwa seragam yang sementara ini digunakan oleh satpam, cokelat muda, benar-benar serupa dengan seragam kepolisian.

Rencana ini dirasakan terlalu mendadak karena seragam baru berdasarkan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 belum lama berlaku di dua tahun terakhir.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (Apjasi) Leornard Abdul Aziz, seragam satpam yang sebelumnya menyerupai warna seragam Polisi karena punya filosofi kedekatan emosional antara Polisi dan Satpam.

“Menumbuhkan kebanggaan Satpam sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas, pemuliahan profesi Satpam dan menaikkan penggelaran fungsi Kepolisian di tengah penduduk,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Tetapi di dalam perjalanannya, tambah Leonard, perubahan seragam Satpam yang diharapkan ikut menambah kebanggaan dan profesionalitas anggota Satpam ternyata miliki permasalahan didalam implementasinya di lapangan.

Kemiripan seragam Satpam dengan Polisi menurut klarifikasi Mabes Polri yang disampaikan Kepala Biro Penerangan Rakyat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, bahwa perubahan ini dijalankan karena warna seragam Satpam amat serupa dengan polisi sehingga membingungkan rakyat.

Satpam merupakan profesi pengemban manfaat kepolisian terbatas. Oleh sebab tersebut, Satpam wajib punya bukti diri sendiri,” paparnya.

Didalam Upacara HUT Satpam pada Rabu besok, 2 Februari 2022, Mabes Polri lewat Baharkam dengan asosiasi sekuriti akan memperkenalkan rancangan seragam baru.

“Perubahan ini pasti akan menimbulkan pro kontra di tengah penduduk dan para pelaku Industrial Sekuriti di Indonesia.

Tapi dipastikan bahwa warna baru seragam Satpam akan diberlakukan sehabis selesai pengkajian selama satu tahun, supaya memberi tambahan waktu bagi para pelaku bisnis sekuriti untuk mempersiapkan diri,” jelasnya.

APJASI yang mewakili corporate dan pribadi pengguna jasa sekuriti, menilai kenyataan rencana perubahan seragam satpam mempunyai makna tersendiri.

Seragam merepresentasikan bukti diri profesi yang harus didasarkan pada tanggung jawab dan kompetensi profesi penggunanya, karena ketidak mampuan pengguna seragam menunjukan kemampuan profesinya akan berdampak negatif pada organisasi yang diwakilinya.

BACA JUGA :

“Seragam seharusnya punya efek positif pada kepuasan layanan, karena seragam itu ikut mendorong terciptanya situasi positif.

Pengguna seragam harus mempunyai kompetensi dan pencerahan profesi yang jadi tanggungjawabnya,” ungkapnya.

Pemberlakuan seragam baru ini harus diikuti dengan memastikan pengguna seragam satpam tahu bahwa mereka mewakili profesi mulia sebagai perpanjangan pemangku tugas Kepolisian terbatas yang terikat pada nilai-nilai positif yang harus dipegang teguh.

Leonard berharap, pemanfaatan seragam satpam bukan hanya formalitas profesi, tetapi miliki efek luas di tengah penduduk, supaya tidak bisa digunakan semaunya sendiri tanpa tanggung jawab sosial.

“Seragam Satpam harus mencerminkan profesionalitas penggunanya, mereka harus punya ilmu luas perihal industri yang dilayaninya.

Satpam bertugas mengamankan instansi, project, badan bisnis dan pribadi untuk memastikan risiko kerugian fisik dan non fisik dapat ditekan seminimal barangkali, supaya proses usaha dan kerja dapat terjadi dengan kondusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

APJASI memiliki kewajiban untuk memastikan kompetensi Satpam di Indonesia dapat meningkat bersamaan dengan tanggung jawab profesinya.

Supaya cerminan berasal dari Seragam Satpam dapat memberi tambahan dampak positif bagi gambaran Satpam di sedang-sedang penduduk.

“Apjasi mengajak para pemangku kepentingan Industrial Sekuriti untuk dengan-mirip memastikan perubahan seragam satpam kali ini, turut diiringi dengan peningkatan kompetensi dan tanggung jawab profesi penggunanya, supaya perubahan yang berjalan tidak saja pada ‘Bungkus’ tetapi menyentuh kepada mutu pengguna seragam satpamnya.”

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu membagikan web site ini kepada teman kalian semua dan selalu tetap konsisten  mengunjungi idhealt.com.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.