web hit counter Selasa (01/03/2022) Hujan Deras tak Kunjung Reda, Banjir Kembali Terjadi Lagi di sekitaran Pasar Pelabuhan Ratu Sampai Dermaga - idhealt.com

Selasa (01/03/2022) Hujan Deras tak Kunjung Reda, Banjir Kembali Terjadi Lagi di sekitaran Pasar Pelabuhan Ratu Sampai Dermaga

idhealt.com – Di sekitaran wilayah Pasar Palabuhan Ratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terendam banjir hujan deras pada Selasa (01/03/2022).

Dua sungai yaitu Sungai Cangehgar dan Ciplabuhan meluap sesudah diguyur hujan selama 8 jam semenjak pukul 16.00 sore sampai saat ini pukul 23.29 malam masih di guyur hujan. “Air sungai meluap dikarenakan sungai tak mampu menahan derasnya hujan dan juga banyak sampah yang menyumbat air,” ujar RT 01 Wawan, Selasa (01/03/2022).

Tak ada laporan kerusakan menurut Wawan, ketinggian air berbeda-beda tergantung lokasi. Jalan menuju pasar Palabuhan Ratu dan rumah warga yang dekat dengan sungai yang langsung menuju ke dermaga air menggenang setinggi 3cm dan sungai meluap sejajar dengan jembatan .

Yang paling parah berlangsung di permukiman warga, air merendam rumah warga Babakan Gumelar yang berdekatan dengan Terminal Palabuhan Ratu dua tempat tersebut terkena banjir.

Banjir mencapai paha orang dewasa, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa ataupun luka,
ujar Wawan. Genangan air sampai sekarang pukul 23.29 WIB masih belum surut, terlihat warga
tak sekedar mengatur arus air, warga juga membersihkan saluran air sungai dari sumbatan sampah-sampah.

Tak sekedar Sungai yang berdekatan dengan pasar, kawasan dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhan Ratu, Jalan Siliwangi, Desa/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kembali terendam banjir. Kejadian sekira pukul 19.00 WIB selepas adzan Isya, debit sungai Ciplabuhan kembali meluap hujan deras yang berlangsung di kawasan
Palabuhan Ratu, ujar Wawan.

Dermaga Pelabuhan Ratu

Video banjir menerjang dermaga Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (01/03/2022). Video di antaranya diunggah Wawan Di media sosial Whatsapp. Luapan sungai yang di dalam video menyebabkan panik warga setempat.

Tetapi, berdasarkan air yang coklat keruh didalam video, diperkirakan banjir berasal dari luapan sungai. Sebelumnya juga sudah di informasikan. Kembali meluap dan membuat banjir dikarenakan hujan deras yang turun dari sore sampai malam.

“Sejumlah rumah, jembatan warga yang berdekatan denan sungai, jalan pasar sampai dermaga terkena banjir,” kata Ketua RT 01, Wawan, Selasa. Saat itu debit air belum surut karena hujan belum reda.

Untuk ketinggian air pun bervariasi sampai 1cm/3cm. Merendam permukiman warga, jalan pasar dan permukiman warga lainnya yang berlokasi berdekatan dengan sungai. Menurut Wawan, banjir ini dikarenakan hujan deras yang tak kunjung reda mulai dari sore hari. “Ini kejadian yang ketiga kalinya,” kata Wawan.

BACA JUGA

Akhir Kata

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.