web hit counter Inilah Sosok Abu Ibrahim al-QuraishiSaat, Pemimpin ISIS Yang Tewas Ledakkan Diri Saat Diserbu Tentara AS - idhealt.com

Inilah Sosok Abu Ibrahim al-QuraishiSaat, Pemimpin ISIS Yang Tewas Ledakkan Diri Saat Diserbu Tentara AS

idhealt.com – Pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (Isis), Abu Ibrahim al-hashemi
al-quraishi, tewas bunuh diri saat diserbu pasukan spesifik militer Amerika Perkumpulan (As). Quraishi meledakkan dirinya sendiri dan keluarganya saat penggerebekan berlangsung di Suriah, pekan ini.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (4/2/2022), Quraishi diketahui memimpin ISIS semenjak kematian Abu Bakr al-baghdadi, pendiri dan pemimpin ISIS sebelumnya, tahun 2019 juga di dalam operasi spesifik militer As. Baghdadi pada saat itu juga dilaporkan meledakkan diri saat digerebek militer AS di Suriah.

Menurut Presiden Joe Biden dan sejumlah pejabat As, saat pasukan spesifik AS mendekati persembunyian Quraishi di Suriah bagian barat laut pada Kamis (3/2) dini hari waktu setempat,
dia sebabkan suatu ledakan yang menewaskan dirinya dan anggota keluarganya sendiri, termasuk anak-anak.

BACA JUGA :

Disebutkan para pejabat AS bahwa ledakan itu terlampau kuat sampai melemparkan jasad para korban keluar berasal dari gedung tiga lantai yang jadi area persembunyian Quraishi. Jasad korban juga bergelimpangan sampai ke jalanan kota Atmeh, Provinsi Idlib.

Pejabat AS menyalahkan ISIS atas jatuhnya korban sipil implikasi ledakan itu. “Berkat keberanian pasukan kami, pemimpin teroris yang mengerikan ini telah tidak ada lagi,” tegas Biden didalam pernyataan di Gedung Putih.

Seorang pejabat senior Gedung Putih, yang enggan disebut namanya, meyakini ledakan besar itu menewaskan Quraishi, dua istrinya dan seorang anak di lantai tiga. Seorang anak lainnya diduga tewas di lantai dua bersama dengan seorang letnan Quraishi dan istrinya, yang tewas sesudah menembaki tentara As.

Dua agresif ISIS lainnya tewas sehabis menembaki helikopter AS yang dikerahkan didalam penggerebekan ini.

This undated photo obtained from the CTC Sentinel, a publication of the Combating Terrorism Center at West Point, shows Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, the leader of the Islamic State group. President Joe Biden said Thursday, Feb. 3, 2022, that al-Qurayshi has been killed in Syria during an operation by an elite U.S. military force. (CTC Sentinel via AP)
Pemimpin ISIS, Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi, dalam foto yang tidak diketahui tanggal pengambilannya Foto: CTC Sentinel via AP

Disebutkan pejabat senior AS itu bahwa Quraishi menggunakan gedung tiga lantai itu dan suatu keluarga yang tinggal di lantai dasar sebagai ‘Tameng pelindung’, yang mempersulit perencanaan penggerebekan ini.

Para pejabat AS tidak bisa menjelaskan disparitas laporan korban jiwa versi pihaknya dengan versi petugas penyelamat Suriah, yang menyebut sedikitnya 13 orang tewas, termasuk empat wanita dan enam anak-anak.

“Terlalu mengerti berasal dari peninjauan operasi secara real-time bahwa ledakan besar di lantai tiga merupakan penyebab jatuhnya korban jiwa,” sebut pejabat AS itu.

Kematian Quraishi jadi kemunduran bagi ISIS sehabis tiga tahun lalu dipukul mundur berasal dari Irak dan Suriah. Semenjak saat itu, ISIS melancarkan rentetan agresi di Irak dan Suriah, dengan yang terbaru melibatkan penyerbuan penjara di Suriah yang jadi daerah agresif ISIS ditahan.

Quraishi yang warga Irak dan berusia 45 tahun, ini sporadis muncul ke publik semenjak menggantikan Baghdadi. Dia sempat terluka dan kehilangan salah satu kakinya di dalam agresi udara AS tahun 2015.

Biden dan para pejabat AS menyebut sosok Quraishi sebagai ‘Energi penggerak’ di balik genosida minoritas Yazidi di Irak tahun 2014 lalu, dan dia disebut mengawasi jaringan luas ISIS berasal dari Afrika sampai Afghanistan.

“Operasi tadi malam menewaskan seorang pemimpin teroris besar di medan pertempuran dan mengirimkan pesan kuat kepada teroris di semua dunia: Kita akan memburu Kamu dan menemukan Kamu,” tegas Biden didalam pernyataannya.

Penutup

Semoga info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Dan jangan lupa untuk tetap konsisten mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada kerabat, sobat, teman kalian dan ikuti terus idhealt.com supaya tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.