web hit counter Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi - idhealt.com

Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi


Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi

idhealt.com – Kita mendefinisikan komunikasi organisasi ‘Sebagai pengiriman dan penerimaan pesan di antara individu yang saling mengenai didalam lingkungan atau pengaturan tertentu untuk mencapai tujuan individu dan bersama dengan. komunikasi organisasi terlampau bergantung pada kontekstual dan budaya. Individu didalam organisasi mengirimkan pesan lewat saluran tatap muka, tertulis, dan dimediasi.

Komunikasi yang Efektif penting bagi manajer didalam organisasi untuk menjalankan manfaat dasar manajemen, yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Memimpin dan Mengontrol.

Komunikasi mendukung manajer untuk melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab mereka. Komunikasi berfaedah sebagai dasar perencanaan. Seluruh berita penting harus dikomunikasikan kepada manajer yang pada gilirannya harus mengkomunikasikan planning untuk melaksanakannya.

Pengorganisasian juga membutuhkan komunikasi yang efektif dengan orang lain terkait tugas pekerjaan mereka. Demikian pula pemimpin sebagai manajer harus berkomunikasi secara efektif dengan bawahannya untuk mencapai tujuan team. Pengendalian tidak kemungkinan ditunaikan tanpa komunikasi tertulis dan lisan.

Manajer mencurahkan lebih dari satu besar waktunya untuk komunikasi. mereka umumnya menghabiskan saat tidak cukup lebih 6 jam per hari di dalam berkomunikasi. mereka menghabiskan banyak sementara untuk komunikasi tatap muka atau telephone dengan atasan, bawahan, kolega, pelanggan atau pemasok mereka. manajer juga menggunakan Komunikasi Tertulis didalam bentuk surat, laporan, atau memo jika komunikasi lisan tidak terlalu mungkin.

Dengan demikian, kami dapat mengatakan bahwa Komunikasi yang efektif adalah blok bangunan organisasi yang sukses “. dengan kata lain, komunikasi berperan sebagai darah organisasi.

Pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi dapat diringkas sebagai berikut:

  • Komunikasi meningkatkan motivasi dengan menginformasikan dan mengklarifikasi karyawan tentang tugas yang harus dilakukan, cara mereka melakukan tugas, dan bagaimana meningkatkan kinerja mereka jika tidak sesuai target.
  • Komunikasi adalah sumber informasi kepada anggota organisasi untuk proses pengambilan keputusan karena membantu mengidentifikasi dan menilai tindakan alternatif.
  • Komunikasi juga memainkan peran penting dalam mengubah sikap individu , yaitu individu yang terinformasi dengan baik akan memiliki sikap yang lebih baik daripada individu yang kurang informasi. Majalah organisasi, jurnal, rapat, dan berbagai bentuk komunikasi lisan dan tertulis membantu membentuk sikap karyawan.
  • Komunikasi juga membantu dalam bersosialisasi . Dalam kehidupan saat ini, satu-satunya kehadiran individu lain mendorong komunikasi. Juga dikatakan bahwa seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa komunikasi.
  • Sebagaimana dibahas sebelumnya, komunikasi juga membantu dalam proses pengendalian . Ini membantu mengendalikan perilaku anggota organisasi dengan berbagai cara. Ada berbagai tingkat hierarki dan prinsip serta pedoman tertentu yang harus diikuti karyawan dalam suatu organisasi. Mereka harus mematuhi kebijakan, menjalankan peran pekerjaan mereka secara efisien, dan mengkomunikasikan masalah pekerjaan dan keluhan kepada atasan mereka. Dengan demikian, komunikasi membantu dalam mengontrol fungsi manajemen.

Baca juga >> DISINI <<

Platform komunikasi yang efektif dan efisien membutuhkan kemampuan manajerial didalam menyampaikan dan terima pesan. seorang manajer harus menemukan bermacam hambatan komunikasi , menganalisis alasan kemunculannya dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari hambatan itu. dengan demikian, tanggung jawab primer seorang manajer adalah mengembangkan dan memelihara platform komunikasi yang efektif di dalam organisasi.

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu membagikan web site ini kepada teman kalian semua dan selalu tetap konsisten  mengunjungi idhealt.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.