web hit counter Pengertian Tentang Garis bujur - idhealt.com

Pengertian Tentang Garis bujur

idhealt.com – Garis Bujur (λ), adalah sebuah garis khayal yang ditarik berasal dari ujung kutub utara hingga ke kutub selatan yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi pada globe atau peta.[1] Garis bujur menggambarkan lokasi suatu area di timur atau barat Bumi berasal dari suatu garis utara-selatan yang disebut Meridian Utama.

Garis Bujur dihitung berdasarkan pengukuran sudut berasal dari 0° di Meridian Utama ke +180° arah timur dan −180° arah barat. Tidak seperti lintang yang mempunyai ekuator sebagai posisi awal alami, tidak ada posisi awal alami untuk bujur.

Oleh karena itu, suatu garis meridian harus dipilih. Walaupun kartografer Britania Raya sudah lama menggunakan meridian Observatorium Greenwich di London, referensi lainnya digunakan di daerah yang berbeda, termasuk Ferro, Roma, Kopenhagen, Yerusalem, Saint Petersburg, Pisa, Paris, Philadelphia, dan Washington, D.C.. Pada 1884, Konferensi Meridian Internasional mengadopsi meridian Greenwich sebagai Meridian utama universal atau titik nol bujur.

Garis bujur utama atau Bujur 0° lewat Kota Greenwich, Inggris. Garis bujur yang terletak di sebelah timur Greenwich disebut Bujur Timur (BT) sedangkan Garis bujur yang terletak di sebelah barat Greenwich disebut Bujur Barat (BB).

Garis bujur timur dimulai berasal dari Bujur 0° BT sampai 180° Bt. Garis bujur barat dimulai berasal dari Bujur 0° BB sampai 180° Bb. Kedua garis ini berhimpit di Samudera Pasifik.[1]
Didalam bahasa Indonesia bujur di sebelah barat Meridian diberi julukan Bujur Barat (BB), demikian pula bujur di sebelah timur Meridian diberi sebutan Bujur Timur (BT).

Julukan-Julukan ini tidak dijumpai didalam bahasa Inggris. Bujur Barat dan Bujur Timur merupakan garis khayal yang menghubungkan titik Kutub Utara dengan Kutub Selatan bumi dan memperlihatkan besarnya sudut antara posisi bujur dengan garis Meridian. Garis Meridian sendiri adalah bujur 0 derajat.

Akhir Kata

Semoga info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Dan jangan lupa untuk tetap konsisten mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.