Manfaat Air Serai, Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Dengan Herbal

Kolesterol kerap kali dipandang seperti senyawa jahat yang ada pada tubuh. Walau sebenarnya, kolesterol mempunyai beberapa faedah penting pada tubuh. Senyawa ini berperanan dalam membuat beberapa sel sehat, menghasilkan beberapa hormon, menolong produksi empedu pada hati, sampai hasilkan vitamin D.

Walau berperanan penting pada tubuh, konsumsi atau kandungan kolesterol pada tubuh jangan terlalu berlebih. Masalahnya Kolesterol tinggi dapat memacu bermacam kompleksitas menakutkan. Sebutlah saja kegemukan, stroke, sampai penyakit jantung.

Untuk pengidap Kolesterol tinggi, telah selayaknya untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat. Misalnya, dengan konsumsi beberapa makanan yang dapat turunkan kandungan Kolesterol badan. Nach, pertanyaannya benarkah sereh atau serai baik untuk turunkan Kolesterol?

Sereh Ampuh Menurunkan Kolesterol?

Daun serai disebut mempunyai faedah untuk kesehatan. Sebutlah saja mempertahankan kesehatan aliran pencernaan, mengatur tekanan darah, menurunkan flu dan ngilu haid, dan jaga kandungan gula darah darah. Disamping itu, sereh diperhitungkan sanggup turunkan kandungan Kolesterol pada darah? Apakah benar kenyataannya begitu?

Pada intinya secara tradisionil sereh sudah dipakai untuk menyembuhkan Kolesterol tinggi dan mengurus penyakit jantung. Kenyataannya, kamu dapat memerhatikan study yang dengan judul “Hypocholesterolemic efek of ethanolic extract of fresh leaves of Cymbopogon citratus (lemongrass)” yang diterbitkan pada African Journal of Biotechnology.

Menurut study di atas, minyak serai secara berarti kurangi kandungan Kolesterol pada tikus yang sudah dikasih diet Kolesterol tinggi sepanjang 14 hari. Tetapi, reaksi itu tergantung dari jumlah yang diberi. Maknanya, dampak daun serai untuk turunkan Kolesterol dapat berbeda saat jumlah daun serai yang diberi diganti.

Masih menurut study di atas, dampak hipokolesterolemia konsentrat etanol daun fresh Cymbopogon citratus (serai) ditelaah memakai tikus albino. Hasil riset itu menjelaskan, kenaikan fokus Kolesterol (pada tikus albino) turun secara berarti sesudah diberi konsentrat tumbuhan serai. Ini yang membuat sereh bisa digunakan untuk mengurus penyakit jantung.

Hal seirama diketemukan beberapa pakar dalam study dengan judul “Scientific pangkalan for the therapeutic use of Cymbopogon citratus, stapf (Lemon grass)” di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology dan Research. Hasil riset itu menjelaskan, konsentrat minyak serai menolong turunkan Kolesterol pada hewan.

Tetapi, menurut beberapa pakar masih memerlukan study selanjutnya untuk menunjukkan kemanjuran sereh dalam turunkan kandungan Kolesterol badan. Ingin mengetahui lebih dalam berkenaan faedah sereh? Atau mempunyai keluh kesah kesehatan yang lain?

Kamu dapat menanyakan langsung pada dokter lewat program Halodoc. Tak perlu keluar dari rumah, kamu dapat mengontak dokter pakar kapan pun dan dimanapun. Ringkas, kan?


Keutamaan Teratur Menghitung Kandungan Kolesterol

Sudah mengetahui kenapa penyakit Kolesterol dikenali sebagai “silent killer”? Argumennya, Kolesterol tinggi biasanya tidak memunculkan tanda-tanda. Kandungan Kolesterol yang tinggi kerap tidak dirasa, tetapi efeknya begitu membahayakan. Umumnya seorang baru sadar dianya menderita Kolesterol tinggi saat ada kompleksitas serius seperti penyakit jantung.

Nach, disini letak keutamaan teratur lakukan pengecekan kandungan Kolesterol dengan teratur. Dikutip dari American Heart Association, kandungan Kolesterol darah seharusnya dicheck tiap lima tahun sesudah seorang berumur 20 tahun.

Tetapi, bila kandungan Kolesterol pada tubuh melewati 200mg/dL, karena itu check Kolesterol seharusnya dilaksanakan tiap tiga bulan sampai kandungannya kembali normal. Nach, misalkan kandungan Kolesterol sudah normal, karena itu check Kolesterol dapat dilaksanakan minimum 1x dalam satu tahun.

Tetapi, dokter akan mereferensikan supaya test Kolesterol dilaksanakan lebih teratur jika seorang (baik beberapa anak atau orang dewasa) mempunyai keadaan misalnya:

  • Mempunyai kisah keluarga dengan penyakit arteri koroner
  • Menderita kegemukan, diabetes, atau hipertensi.
  • Mengaplikasikan skema makan tinggi lemak.
  • Jarang-jarang olahraga dan skema makan yang kurang sehat.

Itu hal yang penting dimengerti mengenai faedah sereh untuk turunkan Kolesterol. Ingat, menjaga kandungan Kolesterol supaya masih tetap dalam range normal untuk mempertahankan kesehatan badanmu keseluruhannya.

Reply