Kesehatan Mental, Pengertian Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Kesehatan mental adalah cara seseorang melampiaskan emosi yang dimilikinya dengan cara menyalurkan emosi itu kedalam hal yang positif dan cenderung menyakiti dirinya sendiri kedalam hal negatif.

Kepribadian seseorang terbentuk dari masa lalu perjalanan hidupnya dari mulai masa kecil hingga masa beranjak dewasa. Hal ini mempengaruhi cara sistem kerja pada otak kita di masa sekarang.

5 Tanda Seseorang Terkena Penyakit Kesehatan Mental:

1. Stres

Stres adalah perasaan lelah mengatasi tekanan pada kesehatan mental seseorang padahal yang tidak terlalu penting untuk kehidupnya atau hal yang sangat terkait pada kejadian dimasa lalunya.

Setiap orang pernah menghadapi sebuah tingkat stres yang cukup beragam, tergantung lingkungan dan tekanan diri yang diterima tubuh ketika hormon stres yang meningkat.

Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah dan tidak bisa focus pada suatu hal tertentu. Sulit juga untuk menyelesaikan masalah dan tanggung jawab pada diri sendiri maupun orang lain.

Pada umumnya stres juga bisa menyerang kesehatan mental siapa saja tanpa terkecuali dalam keadaan ekonomi yang berkecukupan sekalipun.

Jadi tidak ada salahnya diri ini lebih peka terhadap kecemasan dan kegelisahan yang dirasa untuk segera bertemu ahli psikolog

Karena jika tidak segera diatasi hal terburuk akan menimpa diri anda pada waktu yang tak terduga.

2. Menarik Diri Dari Lingkungan

diana polekhina sxh2s6hazyE unsplash
Sumber : unsplash.com

Seseorang yang sudah tidak mampu menahan rasa emosi dan kegelisahanya pada kesehatan mental sering mengasingkan diri untuk menyendiri dan berdiam diri dikamar tanpa melakukan hal-hal rutinitas kesehariannya.

Menarik diri dari lingkungan keluarga maupun lingkungan pertemanan mereka sendiri. Ini adalah masalah buruk bagi seorang untuk menghindari lingkungan dari kehidupanya.

Semakin larut dalam emosi dan kegelisahan yang dimiliki semakin lelah tubuh menghadapi kecemasan kesehatan mental yang dimilikinya.

Bukan suatu tindakan yang tepat mengasingkan diri dari lingkungan dalam waktu yang lama.

itu sama saja menanam rasa stres yang akan menumpuk dan akan meluap ketika hormon itu sudah tidak mampu menahan semua rasa yang dimiliki oleh perasaan dan ingatan pada diri kita terhadap kesehatan mental Anda.

3. Depresi

depresi
Sumber : unsplash.com

Depresi merupakan penyakit kesehatan mental seperti gejala penyakit medis serius yang melibatkan cara kerja otak, lebih dari sekedar perasaan sedih karena hal tertentu.

Kesedihan dan sulit untuk tidur pada malam hari, karena memikirkan tentang kebahagian diri sendiri yang belum kunjung tercapai dan kehilangan energi posotif pada minat tertentu.

Depresi adalah gangguan serius pada kesehatan mental sesorang yang akan merusak cara berfikir sesorang pada kehidupan sehari-harinya.

Selain mempengaruhi perasaan dan emosi, depresi juga menyerang kondisi fisik seseorang untuk membuat diri tidak focus pada hal yang sedang dilakukan.

4. Gangguan Kecemasan

adrian swancar 72El6N0cmj4 unsplash
Sumber : unsplash.com

Gambaran umum tentang gangguan kecemasan adalah berupa rasa cemas yang berkepanjangan dan sulitnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Gangguan kecemasan dapat terjadi oleh siapa saja dalam keadaan apapun itu. Tapi umumnya sering terjadi di usia 30 tahun keatas.

Penderita umumnya merasa cemas, gelisah dan khawatir yang berlebih dalam waktu lama, Penderita menglami sebuah kepanikan yang sulit untuk dikontrol dirinya sendiri.

5. Bipolar

iulia mihailov Ki1SlvmcswM unsplash
Sumber : unsplash.com

Gambaran umum tentang bipolar adalah gelaja gangguan perubahan suatu kondisi mood suasana hati.

Dari perasaan bahagia lalu menjadi perasaan sedih dalam waktu yang cepat dan tidak bisa terduga dalam suatu suasana dan tempat apapun akan tejadi penyakit bipolar ke penderitanya.

Setiap terjadinya perasaan bipolar ini bisa langsung terjadi dalam  hitungan waktu menit dan atau dalam waktu dalam berbulan-bulan, bipolar bisa terjadi dari usia anak-anak hinga usia dewasa.

Gangguan bipolar merupakan penyakit kejiwaan, dimana penderitanya memasuki fase dalam suasana hati atau emosi yang berlebih terhadap orang lain maupun pada benda-benda di sekitar.

segerakan konsultasi ke para ahli penayakit jiwa, jika gejala ini tidak lagi sanggup anda tahan pada diri sendiri.

Mari kita lebih mengenal diri kita sendiri dan orang-orang tersayang disekitar kita, untuk membantunya melawan penyakit mental yang dia hadapi.

Reply