web hit counter Kenali Gejala Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya - idhealt.com

Kenali Gejala Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya

idhealt.com – Meski kasusnya di Indonesia tidak seumum kanker payudara atau kanker paru, kanker kulit tetap serupa berbahayanya. Kanker kulit termasuk salah satu jenis kanker yang paling mengancam nyawa.

Nah, ada lima jenis kanker kulit yang bisa kamu bedakan berasal dari masing-masing cirinya. Artikel ini akan membantu Kamu mengenali gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya.

BACA JUGA

Gejala Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya

Penyakit kanker kulit terbagi atas tiga jenis, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, melanoma, karsinoma sel merkel, dan actinic keratosis.

Masing-Masing jenis kanker ini bisa menjadi miliki karakteristik-karakteristik yang berbeda pada kulit. Paham jenis kanker kulit bisa membantu dokter untuk menentukan pengobatan kanker kulit yang tepat.

Sehingga Kamu menjadi lebih waspada dengan penyakit ini, pahami karakteristik-karakteristik kanker kulit berasal dari masing-masing jenisnya.

1. Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal muncul didalam bentuk benjolan kecil dan halus seperti mutiara pada kulit. Biasanya, jenis kanker kulit ini muncul pada daerah kulit yang kerap terpapar matahari, termasuk wajah, telinga, leher, kulit kepala, dada, pundak, dan punggung.

Berikut sebagian karakteristik khas berasal dari kanker kulit jenis karsinoma sel basal.

Luka yang tak kunjung sembuh

Apabila Kamu mempunyai luka terbuka yang tak kunjung sembuh, sering berdarah, atau berubah jadi kering dan mengelupas, langsung periksakan ke dokter.

Terlebih lagi jika luka itu bertahan sampai berminggu-minggu. Luka itu juga bisa saja sembuh, namun lantas muncul ulang.

Kulit yang teriritasi

Kamu perlu lebih peka pada beragam perubahan yang berjalan pada tubuh, termasuk kulit. Salah satu contohnya, waspadalah jika kamu memahami adanya kulit yang teriritasi atau berwarna kemerahan pada wajah, dada, pundak, lengan, atau kaki.

Pasalnya, hal itu bisa menjadi salah satu karakteristik berasal dari kanker kulit. Tak semata-mata itu, karakteristik lain berasal dari karsinoma sel basal yakni apabila kulit yang teriritasi itu mengelupas, terasa gatal, dan sakit.

Benjolan yang berkilap atau berwarna terang

Jika kamu menemukan benjolan yang berkilap atau berwarna terang, merah muda, merah, atau putih, bisa menjadi itu merupakan karakteristik-karakteristik berasal dari kanker kulit jenis karsinoma sel basal.

Tetapi, tonjolan kanker sama tahi lalat yang muncul bisa menjadi berwarna gelap, lebih-lebih pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap. Belum lagi, gejala kanker kulit yang satu ini kerap disalahartikan sebagai tahi lalat biasa.

Area kulit yang mirip seperti luka

Karsinoma sel basal juga bisa ditandai dengan adanya daerah kulit berwarna putih atau kuning yang lebih mengilap dibanding daerah kulit lainnya.

Daerah itu kemungkinan terlihat kencang, namun seolah membaur dengan tempat kulit lain yang tidak bermasalah. Situasi ini bisa menjadi menyatakan karakteristik-karakteristik kanker kulit karsinoma sel basal.

2. Karsinoma Sel Skuamosa

Penyebab kanker kulit jenis karsinoma sel skuamosa nisbi mirip dengan jenis kanker kulit lainnya. Sebatas saja, letak terjadinya kanker cenderung berbeda, begitu pula dengan karakteristik-karakteristik yang kemungkinan muncul berasal dari kanker kulit ini.

Karsinoma sel skuamosa biasanya tampak seperti benjolan berwarna merah yang kasar, dan juga luka pada kulit seperti sisik dan berkerak.

Karakteristik ini biasanya muncul di area yang kerap terkena sinar matahari, seperti kulit kepala, leher, wajah, telinga, dan tangan.

Tetapi, orang dengan warna kulit gelap biasanya miliki karsinoma sel skuamosa pada area yang jarang terkena sinar matahari, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

Berikut lebih dari satu gejala kanker kulit karsinoma sel skuamosa yang bisa Kamu kenali.

Adanya bercak merah bersisik

Salah satu karakteristik yang dapat Kamu kenali berasal dari karsinoma sel skuamosa ialah munculnya bercak berwarna merah yang barangkali juga bersisik. Bercak bersisik ini bisa sebabkan kulit mengelupas atau berdarah.

Jika kamu menemukan karakteristik-karakteristik itu, langsung hubungi dokter untuk memastikan apakah Kamu mengalami kanker kulit atau tidak.

Adanya benjolan

Sedikit sama dengan gejala kanker kulit jenis karsinoma sel basal, jenis kanker kulit ini juga berpotensi menimbulkan benjolan. Tetapi, terkadang benjolan yang muncul justru terlihat konkaf
ke didalam pada bagian tengahnya.

Luka terbuka

Luka terbuka yang jadi karakteristik-karakteristik berasal dari kanker kulit biasanya tidak dapat sembuh. Sekalipun bisa sembuh, luka berpotensi muncul lagi. Luka terbuka ini biasanya mempunyai bagian yang kering dan mudah mengelupas.

3. Melanoma

Kanker melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit langka yang paling mematikan. Melanoma muncul ketika melanosit (Sel penghasil pigmen warna kulit) tumbuh dengan ganas jadi kanker.

Kanker melanoma pada awalnya muncul sebagai bintik berwarna gelap serupa tahi lalat biasa yang dapat berubah ukuran, bentuk, atau warna.

Melanoma juga dapat muncul pada daerah kulit yang sebelumnya tidak pernah punya tahi lalat. Gejala khas ini paling kerap muncul pada punggung, kaki, tangan dan wajah.

Tapi, untuk bisa membedakan tahi lalat normal dan tahi lalat gejala kanker kulit, ikuti panduan “Abcde” di bawah ini.

Asymmetry (ukuran dan bentuk tidak simetris)

Tahi lalat normal punya bentuk simetris yang paripurna. Ukuran dan bentuk tepian tahi lalat juga mirip besar pada bagian kiri dan kanan.

Waktu itu, lalat gejala kanker kulit melanoma punya bentuk dan ukuran yang tak beraturan gara-gara sel-sel pada salah satu sisinya tumbuh lebih cepat berasal dari sisi yang lain.

Border (pinggirannya tak rata)

Tepian tahi lalat normal miliki batasan yang paham, Kamu bisa menonton di mana warna kulit orisinil Kamu berakhir dan di mana warna kecokelatan khas tahi lalat dimulai.

Sebaliknya, tahi lalat kanker melanoma punya pinggiran yang rambang dan tampak kabur, kadang bergerigi seperti seseorang yang mewarnai di luar garis.

Color (warna berbeda)

Tahi lalat normal miliki warna yang serupa rata di segala sisinya, entah cokelat tua, cokelat muda, kemerahan, atau hitam pekat.

Jika tahi lalat kamu punyai corak warna yang berbagai, ini barangkali gejala kanker kulit melanoma.

Sebagai contoh, suatu tahi lalat mempunyai warna merah muda pada bagian tengahnya. Warna ini berangsur jadi gelap kemerahan pada tepiannya, atau kebalikannya.

Tahi lalat kanker juga dapat perlihatkan bercak warna yang berbeda mirip sekali di satu daerah, misalnya merah, putih, keabuan didalam satu tahi lalat.

Diameter (ukuran)

Tanda lahir yang normal akan tetap berukuran mirip sepanjang waktu, sedangkan tahi lalat yang membesar tiba-tiba sampai lebih berasal dari 6 mm dapat menandakan kanker melanoma. Bahkan jika tahi lalat benar-benar baru muncul dan langsung membesar.

Evolve (berkembang dan berubah)

Tahi lalat yang berubah warna, ukuran, tekstur, dan bentuk supaya terlihat sangat berbeda dibandingkan tahi lalat lain pada kulit Kamu bisa jadi gejala melanoma. Tidak cuman itu, melanoma menimbulkan tahi lalat yang gatal atau apalagi dapat berdarah.

4. Actinic Keratosis

Actinic keratosis merupakan gejala awal kanker kulit yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih.

Pada sebagian persoalan, actinic kerastosis bisa berkembang jadi kanker kulit sel skuamosa.

Berikut ini merupakan gejala kanker kulit actinic keratosis yang perlu kamu waspadai.

  • Terdapat bagian kulit yang kasar, kering, atau bersisik dengan diameter kurang dari 2,5 cm.
  • Bagian kulit tersebut permukaannya terasa datar, tapi kadang sedikit terangkat atau membentuk benjolan pada lapisan atas kulit.
  • Dalam beberapa kasus, permukaan benjolan keras seperti kutil.
  • Area kulit yang bermasalah berwarna merah muda, merah atau cokelat.
  • Gatal, terbakar, berdarah, atau terjadi pengerasan pada kulit.
  • Ada benjolan baru di area kepala, leher, tangan, dan lengan bawah yang terpapar sinar matahari.

5. Karsinoma Sel Merkel

Karsinoma sel merkel merupakan kanker kulit yang paling langka dan paling berbahaya.
Kanker kulit ini bisa tumbuh dan menyebar cepat ke bagian tubuh lainnya.

Wujud karsinoma sel merkel cenderung tampak kecil, tidak sakit, warnanya beraneka (Merah, merah muda, ungu) dan apalagi mengilap.

Kanker ini biasanya berkembang di lebih kurang wajah, leher, dahi, atau lengan, namun dapat berkembang di tempat lain dan tumbuh dengan cepat.

Akhir Kata

Nantikan kabar-berita viral lainnya yang akan kita sajikan dengan informasi yang terupdate juga terpercaya menurut berasal dari sumbernya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.