web hit counter Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya untuk Sebuah Website - idhealt.com

Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya untuk Sebuah Website 

idhealt.com – Hallo selamat datang kembali bersama admin yang selalu memberikan informasi kepada kalian semua, pada kesempatan kali ini admin akan membahas Apa Itu FAQ.

FAQ merupakan salah satu elemen berarti dan tidak terpisahkan berasal dari suatu situs usaha. Pasalnya, FAQ menawarkan banyak manfaat dan juga faedah yang akan sebabkan corporate Kamu semakin gemilang. Tertarik untuk mencantumkannya di web Kamu?

Yuk pelajari dan pahami terlebih dahulu apa tersebut FAQ dan fungsinya bagi suatu situs.
Didalam artikel ini, Kamu juga akan studi contoh dan juga tips bagaimana membawa dampak halaman FAQ paling baik untuk situs Kamu.

 

Apa itu FAQ?

Secara istilah, Frequently Asked Questions atau disingkat FAQ penting pertanyaan yang kerap diajukan. Pada awalnya, FAQ adalah suatu tulisan yang dirancang untuk menjawab pertanyaan berkenaan web site. Tapi untuk selagi ini, FAQ juga seringkali berisi pertanyaan tentang segala hal yang mengenai dengan product, layanan, dan juga terkait manfaat sistem/aplikasi yang ditawarkan oleh corporate.

Kamu sebenarnya bisa saja membahas topik-topik berkaitan pertanyaan itu lewat laman blog. Tetapi bagi pengunjung, blog akan menyulitkan mereka untuk menemukan jawaban yang tepat, dan juga menyita saat yang lebih banyak. Itulah mengapa Kamu membutuhkan Faq—sebuah halaman atau bagian spesifik di dalam web site yang menampilkan pertanyaan generik konsumen.

Apa Saja Fungsi dari FAQ?

Ada banyak fungsi serta manfaat dari FAQ bagi sebuah website, beberapa diantaranya yakni:

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Menampilkan FAQ adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO Anda di search engine. Pada kenyataannya, FAQ bisa memuat konten berkualitas yang dilengkapi dengan kata kunci utama terkait bisnis Anda.

2. Menjawab Pertanyaan General Konsumen

FAQ membantu Anda menjawab pertanyaan umum yang sering muncul dari audiens. Dengan penjelasan yang komprehensif, FAQ secara intuitif juga akan memandu audiens untuk mengikuti alur bisnis Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Menghemat Waktu Audiens 

Asumsikan saja bahwa target audiens Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menjelajahi halaman web Anda. Tanpa adanya FAQ, mereka akan kesulitan menemukan informasi tentang siapa Anda, apa yang Anda berikan, dan berapa harga produk atau layanan Anda dalam waktu yang terbatas. 

4. Membangun Kepercayaan Target Audiens 

Membangun kepercayaan target audiens sangatlah penting agar mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda. Dan memuat halaman FAQ adalah salah satu langkah terbaik untuk mencapainya. FAQ juga seringkali dijadikan bagian dari customer support, sekaligus menjadi bukti atas kepedulian Anda terhadap masalah yang dihadapi konsumen. 

Baca Juga: Apa Itu #PM

Beberapa Contoh FAQ

Tiap tiap corporate tentu punyai sebagian pertanyaan spesifik perihal merek, product, layanan, harga, dan juga pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan usaha.  Tapi ada lebih dari satu pertanyaan baku yang sanggup Kamu temukan di bermacam situs corporate, diantaranya adalah:

  • Bagaimana kebijakan pengembalian?
  • Bisakah saya menerima pengembalian uang?
  • Bagaimana cara mengubah pesanan yang sudah saya lakukan?
  • Kapan saya akan menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak pernah menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesanan yang rusak?
  • Bagaimana cara menghubungi perusahaan jika pertanyaan saya tidak terjawab di sini? 

Tips Membuat Halaman FAQ untuk Website

Siap membuat halaman FAQ? Berikut beberapa tips yang patut Anda terapkan:

1. Kumpulkan Semua Pertanyaan yang Sering Diajukan

Kesalahan generik yang kerap ditunaikan corporate adalah sebabkan daftar pertanyaan yang menurut mereka diinginkan oleh pelanggan. Dengan kata lain, halaman FAQ yang dibuat itu sekedar berdasarkan anggapan corporate. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan yang ditulis di FAQ tidak sepenuhnya berisi info yang relevan dengan keperluan pelanggan.

Oleh sebab tersebut, cobalah untuk mengumpulkan pertanyaan aktual berasal dari pelanggan lewat survei. Kamu juga bisa menanyakan kepada team customer service (Cs) atau admin tentang persoalan yang paling kerap muncul dan ditanyakan konsumen kepada mereka.

2. Berikan Jawaban yang Jelas untuk Setiap Pertanyaan

Menyusun jawaban FAQ yang menyadari, ringkas, enteng dicerna, seksama, dan komprehensif adalah suatu keharusan. Tidak cuman tersebut, jangan lupa juga untuk menghindari detail yang tidak relevan. Ingat, FAQ adalah halaman yang akan dicari pelanggan untuk menemukan solusi atas persoalan mereka. Oleh sebab tersebut, klarifikasi yang berlebihan, bertele-tele, dan tidak relevan malah akan memicu audiens sulit memahaminya.

3. Pantau dan Perbarui Halaman Sesuai Kebutuhan

Sesudah halaman FAQ ditayangkan, Kamu harus menganalisis kegunaannya secara teratur untuk mengerti apakah Kamu kudu mengoptimalkannya atau tidak. Buatlah analisis berbasis data untuk menentukan apakah Kamu wajib memberi tambahan lebih dari satu pertanyaan baru, atau kemungkinan menempatkan lagi bagian FAQ itu di area yang lebih ringan diakses pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu #TOXIC

Buat Halaman FAQ Anda Sekarang!

Bagaimana, sekarang tentunya menjadi semakin percaya kan untuk mengimbuhkan FAQ ke halaman web Kamu? Halaman atau bagian FAQ ini akan membawa banyak faedah bagi Kamu (Sebagai pemilik web site) dan juga bagi visitors web site Kamu. Yang tentu, selalu pastikan bahwa pertanyaan dan jawaban yang Kamu tulis di dalam FAQ sanggup menanggulangi persoalan generik yang dihadapi konsumen dan ditulis didalam bahasa yang gampang dipahami.

 

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu membagikan web site ini kepada teman kalian semua dan selalu tetap konsisten  mengunjungi idhealt.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.