web hit counter Kemenhub Telah Keluarkan Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 - idhealt.com

Kemenhub Telah Keluarkan Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022

idhealt.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung menindaklanjuti ketentuan pemerintah berkenaan mudik Lebaran 2022.

Di mana, Presiden Joko Widodo menyebutkan jika syarat mudik Lebaran 2022 adalah telah laksanakan vaksinasi booster.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengaku jika Kemenhub tengah berkoordinasi dengan
pihak-pihak perihal tentang keputusan mudik Lebaran ini.

“Mendindaklanjuti hal itu, Kemenhub akan langsung berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan yakni Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian dan Forum, dan juga unsur tentang lainnya,” kata dia didalam keterangan formal, Rabu (23/3/2022).

Presiden Jokowi mengumumkan kebijakan sebagai syarat pelaku perjalanan luar negeri (Ppln) dan rakyat yang ingin mudik lebaran 2022.

Dia mana mereka yang masuk ke Indoenesia berasal dari perjalanan luar negeri, kini tidak perlu melaksanakan karantina tapi tetap harus laksanakan tes PCR dengan hasil negatif.

Kala bagi penduduk yang mudik Lebaran, diperbolehkan mudik dengan syarat telah dua kali vaksin dan juga satu kali vaksin booster dengan prokes ketat.

“Nantinya Kemenhub akan menerbitkan Surat Edaran tentang petunjuk pelaksanaan tehnis
di lapangan baik untuk perjalanan luar negeri maupun di dalam negeri, yang seperti sebelum-sebelumnya selalu merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19,” tutur Adita.

Ia juga menyebut SE Kemenhub ini dibutuhkan sebagai rujukan bagi para operaror prasarana dan sarana transportasi.

Tujuannya untuk menjamin pelaksanaan perjalanan luar negeri maupun di dalam negeri dapat terjadi dengan lancar dan aman berasal dari Covid-19.

“Adapun petunjuk tekhnis pelaksanaan di lapangan juga akan kita diskusikan dengan para stakeholders termasuk pihak Polri, diantaranya mengenai prosedur supervisi pada peraturan syarat perjalanan dan penerapan protokol kesehatan di lapangan,” ujar dia.

Keluar dalam Waktu Dekat

Adita berharap, finalisasi keputusan perjalanan ini bisa selesai di dalam waktu dekat. Ini sebagai acuan bagi rakyat pelaku perjalanan, khususnya mudik lebaran.

“Diharapkan ketetapan tentang perjalanan mudik dan pelaksanannya dapat difinalisasi didalam waktu dekat dan langsung diumumkan kepada penduduk,” katanya.

Ia menyampaikan berdasarkan hasil survey berasal dari Balitbang Kemenhub, potensi penduduk yang akan laksanakan mudik mendekati angka 80 juta.

Ini berdasar jika diberlakukan syarat perjalanan didalam negeri seperti yang ada sekarang, yaitu udah vaksin 2 kali dan tidak dibutuhkan tes antigen/pcr.

“Akhirnya, kita mengimbau penduduk sehingga langsung melaksanakan vaksin booster untuk jadi perisai diri menghadapi gerak penduduk yang diperkirakan akan sangat meningkat di masa mudik lebaran tahun ini,” tukas Adita.

Nantikan kabar-berita viral lainnya yang akan kita sajikan dengan informasi yang terupdate juga terpercaya menurut berasal dari sumbernya.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.