web hit counter Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Kembar, Simak Penjelasannya! - idhealt.com

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Kembar, Simak Penjelasannya!

idhealt.com – Keperluan nutrisi ibu hamil kembar cenderung lebih banyak daripada kehamilan biasa. Tapi, makan terlampau banyak dan berlebihan juga tidak baik dikarenakan berisiko membuat keistimewaan berat badan saat hamil. Lalu, bagaimana pola makan yang sebaiknya Kamu laksanakan bila hamil kembar? Simak penjelasannya di sini ya!

Apakah ibu hamil kembar perlu makan lebih banyak daripada hamil biasa?

Mengutip The American College of Obstetricians and Gynaecologists, kebanyakan ibu hamil kembar memerlukan ekstra kalori lebih banyak daripada kehamilan biasa.

Barangkali Kamu perlu makan lebih banyak dikarenakan keperluan kalori dan nutrisi untuk ibu hamil kembar cenderung lebih tinggi.

Tapi, bukan signifikan Kamu harus makan 3 kali lebih banyak berasal dari biasanya, karena bayi didalam takaran tidak memerlukan kalori sebanyak orang dewasa.

Mengutip website Brigham and Women’S Hospital, berikut penambahan kalori harian yang dibutuhkan pada kehamilan kembar di tiap trimesternya.

  • Pada trimester pertama, Anda perlu menambah sekitar 300 kalori/hari untuk masing-masing bayi.
  • Pada trimester kedua, 340 kalori/hari untuk masing-masing bayi.
  • Pada trimester ketiga, 452 kalori/hari untuk masing-masing bayi

Menjadi, misalnya Kamu hamil kembar dua, kalori tambahan yang dibutuhkan adalah sebesar 600 kalori. Jika keperluan daya harian Kamu adalah 2.000 kalori, artinya Kamu memerlukan 2.600 kalori tiap tiap hari selama trimester pertama.

Adapun untuk kehamilan kembar tiga atau lebih, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kadar dan pakar gizi untuk menyadari keperluan kalori yang tepat untuk Kamu. Perlu Kamu ketahui bahwa jumlah bayi yang dikandung bukan satu-satunya tolok ukur. Penambahan kalori harian juga perlu sesuai dengan berat badan ibu sebelum hamil.

Bila sebelum hamil Kamu udah punya berat badan berlebih, sebaiknya berhati-hati didalam tingkatkan asupan kalori harian supaya kenaikan berat badan Kamu tidak berlebihan. Berat badan berlebih saat hamil berisiko memicu beragam komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia, diabetes gestasional, dan lain sebagainya.

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil kembar?

Pada dasarnya, jenis-jenis nutrisi yang diperlukan pada kehamilan kembar serupa saja dengan nutrisi untuk kehamilan dengan satu janin. Saat hamil, Kamu memerlukan lebih banyak nutrisi berupa protein, asam folat, kalsium, yodium, zat besi, dan vitamin lainnya.

1. Asam folat

Bukan semata-mata saat hamil, sebaiknya asupan asam folat telah ditingkatkan semenjak merencanakan kehamilan. Zat ini penting untuk menghindar bayi lahir stigma. Kamu memerlukan kurang lebih 400 hingga 1000 mikrogram asam folat per hari semenjak sebelum hamil hingga sepanjang kehamilan.

2. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk ibu hamil kembar. Pasalnya, protein paling berperan di dalam perkembangan janin di didalam takaran. Keperluan zat ini adalah kira-kira 71 gram per hari.

3. Kalsium

Kamu dan janin membutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi dan juga melancarkan peredaran darah, otot, dan saraf. Idealnya, ibu hamil membutuhkan kira-kira 1000 – 1200 mg kalsium per hari.

4. Vitamin D

Dengan-Serupa dengan kalsium, vitamin D dapat membantu menguatkan tulang dan gigi.
Bukan sekedar ibu hamil, siapapun sebenarnya membutuhkan vitamin ini. Untuk ibu hamil
kembar ataupun satu janin, kebutuhannya adalah lebih kurang 2000 hingga 4000 Iu.

5. Yodium

Yodium penting untuk untuk menopang pertumbuhan otak dan saraf janin. Jumlah yang dibutuhkan adalah 150 – 220 mikrogram per hari. Zat ini bisa diperoleh berasal dari garam beryodium. Oleh gara-gara itu pastikan cuman menggunakan garam beryodium saat hamil.

6. Zat besi

Memasuki usia persentase 30 – 34 minggu atau 20 – 24 minggu, Kamu sebaiknya menekuni inspeksi zat besi di dalam darah untuk mengantisipasi risiko kurang darah implikasi tidak cukup
zat besi. Ibu yang hamil kembar ataupun hamil satu anak membutuhkan 27 mg zat besi tiap-tiap hari. Jumlah ini 2 kali lebih banyak daripada saat Kamu tengah tidak hamil.

Apa risikonya bila ibu hamil kembar tidak mendapatkan cukup nutrisi?

Kecukupan nutrisi bagi ibu hamil kembar perlu lebih dijaga dikarenakan lebih berisiko mengalami beragam komplikasi kehamilan. Mengutip web site Johns Hopkins Medicine, berikut komplikasi yang berisiko berlangsung pada kehamilan kembar implikasi asupan nutrisi yang tidak cukup.

1. Kelahiran prematur

Lebih kurang 6 berasal dari 10 kehamilan kembar mengalami kelahiran prematur. Apalagi, janin yang kembar 3 atau lebih hampir semuanya lahir prematur.

2. Berat badan lahir rendah

Lebih kurang 6 berasal dari 10 kehamilan kembar mengalami kelahiran prematur. Lebih-lebih, janin yang kembar 3 atau lebih hampir semuanya lahir prematur.

3. Hipertensi gestasional

Ibu hamil kembar lebih berisiko dua kali lipat mengalami hipertensi. Maka berasal dari itu, penting untuk menghindari makanan yang mengakibatkan kenaikan tekanan darah.

4. Anemia

Walaupun kurang darah bisa berlangsung pada seluruh kehamilan, tapi kehamilan kembar berisiko 2 kali lipat mengalaminya. Menjadi, pastikan terpenuhi nutrisi berupa zat besi untuk ibu hamil kembar.

5. Cacat lahir

Kehamilan dengan janin lebih berasal dari satu lebih berisiko mengalami stigma lahir seperti stigma pada batang otak, pencernaan, dan kelainan jantung.

6. Keguguran

Keguguran pada salah satu janin berisiko berjalan pada kehamilan kembar, terutama pada trimester pertama. Ini disebut juga dengan istilah vanishing twin syndrome.

7. Twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS)

TTTS berjalan bila salah satu janin menyerap lebih banyak nutrisi daripada saudara kembarnya. Akibatnya, salah satu janin jadi kekurangan nutrisi.

8. Kekurangan cairan ketuban

Kekurangan cairan ketuban umum berlangsung pada kehamilan kembar terutama yang berbagi plasenta. Oleh gara-gara itu, asupan air minum sangat penting saat hamil kembar.

9. Perdarahan pascamelahirkan

Besarnya ukuran plasenta dan rahim memicu ibu hamil kembar lebih berisiko mengalami perdarahan sehabis bersalin.

Perlukah suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil kembar?

Selama hamil, pastikan Kamu mencukupi asupan vitamin dan mineral dengan cara mematuhi anjuran “Isi Piringku” oleh Kementerian Kesehatan. Menjadi, tiap tiap porsi makanan harus terdiri berasal dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah di dalam jumlah yang seimbang.

Di samping mengkonsumsi makanan sehat, kamu barangkali memerlukan suplemen kehamilan tambahan untuk menopang pemenuhan zat-zat gizi yang penting. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kehamilan kembar lebih berisiko pada stigma lahir dan kurang darah.

Maka berasal dari itu, dokter bisa saja akan memberikan suplemen prenatal yang mempunyai kandungan asam folat dan zat besi untuk menghindar risiko-risiko itu.

BACA JUGA

Akhir Kata

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.