web hit counter Inilah Manfaat dari Arisan Uang atau Barang - idhealt.com

Inilah Manfaat dari Arisan Uang atau Barang

idhealt.com – Arisan ternyata bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengatur keuangan.

Seperti yang diketahui, arisan merupakan sebuah kesibukan kelompok yang mengumpulkan uang ataupun barang bernilai serupa.

Lalu, sebutan tiap tiap peserta akan diundi disesuaikan periode waktu yang sudah ditetapkan.  Inilah yang menyebabkan arisan sering diakui sebagai salah satu cara paling bagus untuk menabung.

LIHAT JUGA

Karena, arisan bisa melatih untuk belajar disiplin di dalam menyetorkan uang di tiap tiap bulan pada sang bendahara kelompok itu.

Pilih Arisan Uang Atau Barang?

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa anda jalankan untuk menentukan ikut arisan uang atau barang. Langkah pertama adalah memirsa mana yang lebih dibutuhkan saat ini, apakah barang atau uang?

Jika lebih butuh uang, tentunya arisan uang bisa menjadi pilihan paling baik.  Sebenarnya, arisan uang menerapkan metode yang serupa seperti saat meminjam uang di forum perbankan.

Sehabis memperoleh uang, anda sebatas perlu membayar cicilan atas pinjaman itu disesuaikan periode arisan yang ditetapkan.

Nah, jika ternyata lebih membutuhkan barang tertentu, maka arisan barang bisa menjadi pilihan tepat yang bisa diambil.

Berkat arisan seperti ini, seseorang bisa mendapat barang disesuaikan keinginan secara langsung tanpa repot berutang.

Artinya, seseorang akan beroleh barang yang dimaksud di dalam arisan seperti mendapat pinjaman dana untuk membeli barang itu berasal dari sesama anggota arisan.

Berbagai Manfaat Mengikuti Arisan Uang atau Barang

Bagi anda yang bisa saja saat ini masih bimbang dan ragu untuk mengikuti arisan, ketahuilah bahwa sebenarnya arisan punya banyak laba. Kira-Kira apa saja? Coba simak ulasan di bawah ini.

1. Uang hasil arisan jadi tabungan tambahan

Tahukah anda, bahwa iuran arisan yang dibayarkan tiap-tiap bulannya juga bisa diakui sebagai dana tabungan tambahan, lho! Misalnya, anda bisa meminta kepada para pengurus arisan itu untuk mengeluarkan julukan anda pada akhir tahun.

Dengan begitu, uang yang didapatkan berasal dari arisan itu bisa digunakan untuk kebutuhan lain jelang pergantian tahun. Baik itu untuk mengadakan pesta bersama dengan keluarga ataupun kerabat terdekat. Alhasil, anda tak perlu lagi mengeluarkan uang supaya cash flow tetap terkendali.

2. Solusi untuk yang susah menabung

Bagi anda yang sampai kini masih kesulitan untuk menabung, ikut di dalam sebuah arisan ternyata bisa menjadi trik jitu.

Ketika membayarkan uang tiap tiap bulan sebagai iuran, tanpa disadari anda sudah menabung secara rutin meski tidak dijalankan di dalam nominal yang besar.

Tapi ingat, ketika sebutan anda keluar nantinya, jangan gunakan uang itu untuk berfoya-foya. Sebaiknya, memanfaatkan uang berasal dari arisan itu untuk mencukupi keperluan pokok ataupun membeli keperluan yang sifatnya mendesak.

3. Bersosialisasi dan berbagi dengan orang lain

Apapun bentuk arisannya, baik itu uang atau barang, amat mungkin anda untuk bertemu orang lain yang punya latar belakang berbeda.

Berasal dari rendezvous itu, anda bisa bersosialisasi dan saling bertukar info ataupun pikiran. Meski arisan sering diidentikkan sebagai ajang pamer dan bergosip semata, namun banyak juga arisan yang mempunyai aktivitas informatif sekaligus positif.

Lebih-lebih tak ada salahnya jika anda menyarankan kepada para anggota arisan itu untuk sekadar jalankan workshop.

Jangan lupa undang seorang pakar yang memang mumpuni di bidang itu supaya arisan itu bukan lagi menjadi ajang berkumpul saja, namun juga belajar. Contohnya seperti kursus kilat merangkai bunga, merias wajah, atau sebabkan kue.

4. Bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan

Di samping saling bertukar kabar dan pikiran, arisan juga amat mungkin anda meraih peluang usaha yang menggiurkan.

Hal ini terbukti berasal dari banyaknya anggota arisan yang membawa barang dagangan ketika berkunjung.  Contoh sederhananya, anda senang memicu kue.

Coba deh, bawa lebih dari satu kue protesis anda untuk dicicipi anggota arisan lainya. Jika memang rasanya waktu dan enak, otomatis mereka tidak akan ragu lagi untuk membelinya.

5. Liburan dengan biaya murah meriah

Saat ini, ada banyak kelompok arisan yang juga sering mengadakan acara liburan bersama dengan.

Biasanya, dana liburan itu dikumpulkan secara bertahap seperti iuran arisan di tiap-tiap jadwal rendezvous.

Nah, di akhir periode arisan itu, uang yang udah dikumpulkan bakal digunakan sebagai biaya untuk liburan dengan.

Terdengar menarik, bukan? Memadai mencicil di tiap-tiap rendezvous dengan nominal yang tak sangat besar, anda udah bisa berlibur bersama dengan teman-teman. Seru, ya!

Sama-sama Menguntungkan Asal Cermat Memilih

Berasal dari sekian banyak fungsi dan cara memilih arisan, anda tentu udah bisa memutuskan jenis arisan apa yang hendak diikuti.

Perlu diketahui pula, arisan tidak diikuti dengan pembayaran bunga seperti mencicil barang atau meminjam uang di forum perbankan.

Kendati demikian, sesuaikan lagi dengan keperluan yang ada. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti arisan uang atau barang jika memang tidak ada dana yang ada.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *