web hit counter Inilah Beberapa Jenis Kenari Petarung (Fighter) yang Paling Bagus Volume Full Untuk Lomba - idhealt.com

Inilah Beberapa Jenis Kenari Petarung (Fighter) yang Paling Bagus Volume Full Untuk Lomba

idhealt.com – Banyak kicau mania melacak jenis burung Kenari yang suaranya bagus untuk lomba. Ini memang bukan perkara mudah karena nada burung Kenari yang bagus lumayan sulit didapat, terkecuali bukan berasal dari penangkaran trah jawara atau para pemenang lomba.

Terlebih jenis Kenari sangat banyak, ada yang impor maupun lokal. Jika disuruh memilih salah satu antara Kenari impor atau Kenari lokal, maka jawabannya Kenari impor berasal dari negara lain. Dikarenakan, burung-burung Kenari itu terkenal miliki melodi yang gacor dan bagus.

Tidak cuman suaranya yang bagus, burung Kenari impor miliki mental bertarung yang luar biasa. Maka tak heran, banyak orang yang lebih tertarik memelihara burung Kenari impor daripada lokal. Tak hanyalah itu, burung Kenari impor juga kerap diikutkan lomba gara-gara suaranya yang merdu dan lantang.

Berikut beberapa jenis Kenari yang paling bagus suaranya untuk lomba:

Jenis Kenari yang Bagus

1. Burung Kenari Holland

Burung Kenari Holland miliki tubuh yang memadai besar dan panjang, yakni 13 cm -15 cm. Burung yang dikenal memiliki kombinasi warna 100 prosen ini biasanya mempunyai warna bulu bervariasi seperti merah, putih, kuning, hijau, orange, abu-abu tua, dan cokelat.

Jenis burung Kenari Holland dipercaya sangat bagus bila diikutkan lomba atau kontes burung. Pasalnya, burung ini punya mutu melodi kicauan dan mental fighter yang memadai mengagumkan. Di samping itu, nada Kenari Holland lebih tebal dan memiliki banyak variasi nada dengan alunan lagu yang berulang-lagi.

2. Burung Kenari Stafford

Burung Kenari Stafford paling mudah dikenali dikarenakan punya jambul seperti topi di bagian kepalanya. Awalnya, Kenari Stafford punyai warna bulu dominan merah, tetapi sekarang kare kerap disilangkan dengan jenis Kenari lainnya, maka warna Kenari Stafford jadi berbagai, di antaranya seperti burung mozaik, abu-abu, cokelat susu, dan pastel.

Burung Kenari Stafford dipelihara dikarenakan suaranya bagus dan warna bulunya yang latif.
Tak sebatas itu, karakteristik khas topi yang serupa mahkota ini juga jadi alasan banyak Kenari mania memelihara burung itu.

3. Burung Kenari Persia

Burung Kenari Persia punya panjang tubuh 14 cm – 15 cm, sama dengan burung Kenari Holland. Saat di penangkaran, burung Kenari Persia dikategorikan jadi tiga, yaitu burung Kenari kelas pertama, kedua, dan ketiga.

Burung Kenari Persia kelas pertama biasanya hasil berasal dari penangkaran profesional.
Kenari Persia kelas kedua dihasilkan penangkar semi profesional. Paling akhir, burung Kenari Persia kelas ketiga dihasilkan oleh peternak amatiran.

4. Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire kerap dijadikan gacoan kampiun di lomba-lomba burung. Melodi burung Kenari Yorkshire sangat gacor, ngeplong, ngerol, dan banyak disukai kicau mania di Indonesia.

Tubuh burung Kenari ini termasuk yang terbesar bila dibandingkan dengan burung Kenari sebelumnya. Karena, panjang tubuh Kenari Yorkshire bisa mencapai 16 cm – 19 cm. Kenari Yorkshire dapat dikenali dengan karakteristik tubuh yang berbentuk seperti wortel terbalik.

Artinya, tubuhnya besar mulai berasal dari leher, dada, sampai perut, sesudah itu mengecil di bagian bawah hingga ekor. Warnanya juga sama dengan wortel yaitu orange. Kendati demikian, terkadang burung Kenari Yorkshire berwarna-warni seperti lurik, mozaik, dan polos.

5. Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire miliki karakteristik khas yang hampir serupa dengan Kenari Stafford. Soalnya, bagian kepalanya terdapat jambul yang menyerupai topi mahkota sampai menutupi bagian mata.

Meski begitu, ada juga Kenari Lancashire yang tidak miliki jambul. Tubuh burung Kenari Lancashire merupakan yang terbesar ketimbang Kenari lainnya sebab berukuran 20 cm -22 cm.

Maka tak heran, banyak kicau mania menyebut Kenari Lancashire sebagai burung Kenari raksasa. Burung ini mempunyai warna dominan berwarna kuning.

6. Burung Kenari Border

Burung Kenari Border lebih kecil bila dibandingkan dengan burung Kenari lainnya. Tetapi, banyak kicau mania menyebut burung ini ideal sebab mempunyai panjang tubuh antara 13 cm -14 cm.

Kenari Border didominasi oleh warna kuning jeruk, dan lebih dari satu bersayap cokelat atau hijau. Burung Kenari Border sangat langka dan sulit ditemukan di pasaran.

7. Burung Kenari Taiwan

Burung Kenari Taiwan juga punya tubuh yang ideal yaitu kurang lebih 14 cm – 15 cm. Tetapi sayang, nada burung Kenari Taiwan tidak cukup memuaskan, supaya beberapa kicau mania
tidak mengikutsertakan burung berwarna kuning ini ke kontes atau lomba.

Syahdan katanya, burung Kenari Taiwan juga sulit dimaster melodi burung lain dan susah menirukan melodi burung lain. Meski begitu, karena warnanya menarik, tak sedikit pula
yang memelihara burung Kenari Taiwan di rumah.

8. Burung Kenari Merah

Seperti namanya, burung Kenari Merah miliki warna dominan merah. Tubuhnya latif sebab jarang ditemui burung Kenari berwarna merah menyala.

Tak hanya warnanya yang mencolok, ternyata melodi Kenari Merah sangat menggelegar, agar banyak kicau mania kerap menang didalam lomba.

9. Burung Kenari Roller

Burung Kenari Roller termasuk Kenari yang paling kecil dikarenakan tubuhnya sekedar 12 cm – 13 cm saja. Burung Kenari Roller punya warna yang hampir mirip dengan Kenari Taiwan yaitu kuning.

Nah, sebab bertubuh mungil, nada burung Kenari Roller terdengar rendah tetapi jernih. Burung Kenari Roller punya irama kicauan yang panjang. Tak heran, seluruh orang menyebut burung ini Kenari Roller.

Uniknya lagi, ketika burung Kenari Roller tengah berkicau, maka paruhnya tidak terbuka. Cuman bagian leher yang terlihat menggelembung. Orang-Orang biasanya tak paham terkecuali burung Kenari Roller tengah berkicau.

Burung Kenari Frill terbilang unik sebab bulunya rambang-acakan. Menjadi, bentuk bulu burung Kenari Frill mengarah ke atas, bukan ke bawah. Sekilas, bulu burung Kenari Frill terlihat berumbai-rumbai dan jadi salah satu burung Kenari terkecil dengan ukuran tubuh 10 cm -11 cm.

Walau kecil, ternyata burung Kenari Frill ada juga yang berukuran besar yaitu panjangnya 21 cm. Melodi burung Kenari Frill tidak cukup diunggulkan dan lebih diminati pada bagian bulunya saja.

Tips Memilih Kenari yang Bagus

1. Jenis Kelamin Jantan

Untuk Kenari yang bagus harus berkelamin jantan. Nada Kenari jantan lebih keras dan gacor.
Jika Kenari betina suaranya pelan dan cenderung ngeriwik. Harga Kenari jantan juga terbilang mahal.

2. Postur Tubuh

Pilih Kenari dengan tubuh ideal, maksudnya tubuh proporsional, tidak gemuk, leher panjang, kaki kuat, ekor panjang, dan warna cerah.

3. Paruh Kenari

Memirsa burung Kenari dengan paruh lebar, pangkal paruh tebal, dan panjang. Bentuk paruh Kenari seperti ini dikatakan bagus.

4. Kepala Burung Kenari

Kenari yang bagus miliki bentuk kepala kotak. Kepala seperti ini menandakan dia rajin bunyi dan punya jiwa petarung yang fighter.

5. Leher Kenari

Pada bagian leher terdapat karakteristik yang bagus, yaitu panjang dan besar. Leher Kenari seperti ini biasanya sebabkan burung gacor dan nada keras.

6. Suara Burung/Cengkok Suara Burung

Untuk paham nada Kenari yang bagus, kamu bisa melihatnya saat dia di lomba burung atau gantangan. Kamu juga bisa memancing burung dengan nada masteran sehingga suaranya keluar.

7. Tingkah Laku Kenari

Burung Kenari terbaik selalu aktif dan sedikit agresif. Walau aktif, burung ini tidak sampai menabrak dinding sangkar. Dia cuma aktif karena penasaran dan berani melawan siapa saja yang mendekat.

8. Mental Kenari Fighter

Burung Kenari fighter tidak akan takut pada manusia. Terkecuali digoda dengan tangan, burung seperti ingin melawan. Ini menandakan mentalnya bagus.

LIHAT JUGA

Kesimpulan

Demikian sebagian jenis burung Kenari yang paling bagus suaranya untuk lomba. Berasal dari seluruh jenis Kenari tadi tidak semuanya kerap diikutkan lomba karena terkadang ada kicau mania yang lebih bahagia lihat corak bulu di tubuhnya saja.

Akhir Kata

Semoga pembahasan diatas bisa membantu kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk tetap konsisten mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.