web hit counter Dicegat Greenpeace, Kapal Pertamina tak Bawa Minyak dari Rusia - idhealt.com

Dicegat Greenpeace, Kapal Pertamina tak Bawa Minyak dari Rusia

idhealt.com – Pekan lalu kapal tanker Pertamina Prime dicegat aktivis Greenpeace di perairan Denmark. Kapal membawa minyak berasal dari Rusia menuju ke Cina.

Sejumlah aktivis lingkungan Greenpeace memblokir kapal tanker Pertamina yang tengah lakukan pengiriman minyak berasal dari Rusia di tanggal pantai Denmark pada Kamis (31/3).

Aksi itu dijalankan sebagai bentuk protes atas pencaplokan Rusia ke Ukraina. Adapun kapal yang dimaksud yakni supertanker Pertamina Prime milik PT Pertamina Internasional Shipping (Pis) yang akan bertemu dengan kapal tanker Seaoath yang dilaporkan membawa 100.000 ton minyak mentah berasal dari Rusia.

Baca Juga : How To Choose The Best Magento Agency For Your Business

Menurut berita berasal dari laman marinetraffic, kapal tanker Seaoath terdaftar berbendera Malta.
“Pada pukul 11:00 (0900 Gmt), para aktivis mulai memblokade supertanker Pertamina Prime, menahan kapal lain Seaoath mendekatinya dan memblokir pengiriman minyak,” kata juru bicara Greenpeace Emma Oehlenschlager.

Saat itu, sejumlah aktivis yang mengendarai kayak dan berenang di perairan es di Frederikshavn, membawa spanduk yang menyerukan “Stop fuelling the war” yang penting “Setop mengobarkan perang” (Dengan minyak).

Para aktivis juga melukis “Oil fuels war” di lambung Pertamina Prime, yang dapat diartikan minyak mengobarkan atau membiayai perang Rusia.

Baca Juga : Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Di dalam dua minggu paling akhir, Greenpeace cabang Denmark udah jalankan sebagian tindakan pada kapal-kapal Rusia yang lakukan transfer minyak, walaupun ini adalah blokade pertama yang berhasil.

“Baru kali ini kita berhasil menghentikan pengiriman. Didalam persoalan lain, kapal tanker dialihkan atau dipercepat”, kata Oehlenschlager.

“Mereka sekarang akan menjaga blokade selama barangkali untuk memastikan kapal tidak bisa saling berdekatan untuk melaksanakan transfer”, lanjutnya. Oehlenschlager mendesak Denmark untuk melarang pengiriman minyak Rusia di perairannya.

Waktu itu, dikutip berasal dari Reuters, Greenpeace mengatakan sudah mencari 299 kapal tanker yang membawa minyak dan gas berasal dari Rusia semenjak dimulainya pencaplokan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. Berasal dari jumlah itu, 132 di antaranya berlayar menuju Eropa.

“Sangat memalukan bahwa kita konsisten mendanai perang dengan membeli bahan bakar fosil Rusia. Ini berlangsung di Denmark.

Baca Juga : Net89 Robot Trading Top atau Penipuan?

Mereka seharusnya tidak diizinkan berada di sini,” kata aktivis Greenpeace Gustav Martner kepada Reuters. “Kita akan tinggal hingga politisi bertindak.”

Pertamina Prime, yang mengumpulkan minyak mentah berasal dari lebih dari satu kapal tanker, akan berlayar ke Cina sehabis transfer minyak selesai.

Adapun peristiwa blokade terjadi selama dua hari usai ditengahi oleh kepolisian Denmark. Saat kejadian, kapal Pertamina Prime tengah disewa oleh pihak ketiga yang berangkat berasal dari Denmark ke Tiongkok. Kargo minyak itu merupakan milik penyewa pihak ketiga yang tak punyai sangkut paut dengan Pertamina.

Posisi Pertamina Prime di Samudra Atlantik Timur Laut (Koordinat 50.45926 N / 0.3005 W) dilaporkan 0 menit yang lalu oleh Ais. Kapal tengah didalam perjalanan ke Tiongkok, berlayar dengan kecepatan 13.3 knot dan diperkirakan akan tiba pada 26 April pukul 16:00.

Kapal Pertamina Prime adalah Tanker Minyak Mentah yang dibuat pada tahun 2021 dan saat ini berlayar di bawah bendera Singapura.

Baca Juga : Bagaimana Cara untuk Klaim Asuransi Kesehatan, yuk Pahami Caranya!

Saat itu Direktur Greenpeace Indonesia, Leonard Simanjuntak, mengatakan aksi itu merupakan aksi tanpa kekerasan yang dikerjakan oleh Greenpeace Nordik atau Skandinavia.

“Kita jelas ada aksi itu sebab mereka komunikasi dengan kita sebelum aksi. Tetapi ini bukan aksi yang terkoordinasi di mana kita ikut di dalamnya.

Menjadi ini bukan aksi yang bekerja serupa dengan Greenpeace Indonesia,” kata Leonard saat dihubungi melalui sambungan telpon pada Senin (4/4), malam.

Nantikan kabar-berita lainnya yang akan kita sajikan dengan informasi yang terupdate juga terpercaya menurut berasal dari sumbernya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.