web hit counter Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu - idhealt.com

Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu

idhealt.com – Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk keperluan mengonsumsi adalah ikan nila. Banyak orang yang memilih budidaya ikan jenis ini sebab prosesnya tergolong mudah dan tidak memakan banyak biaya. Sebelum beternak ikan ini, pasti harus kamu kenali dahulu karakteristik-karakteristik ikan nila yang khas dan unik. Apa saja? Inilah ulasan lengkapnya.

Berkenalan Dengan Ikan Nila

Sebelum membahas lebih lanjut tentang karakteristik ikan ini, maka kamu harus berkenalan dengan nila terlebih dahulu. Ikan nila punyai julukan latin oreochromis niloticus dan berasal dar wilayah Afrika Timur.

Ia termasuk jenis ikan peliharaan dengan ukuran tubuh yang tergolong tengah. Panjangnya lebih kurang 20-25 cm, meski ada juga yang mencapai 30 cm. Di Indonesia sendiri ikan nila jadi salah satu komoditas perairan yang memadai menjanjikan sebab memang penduduk kerap mengonsumsinya. Walaupun rasa dagingnya tidak cukup khas, tetapi nilai gizi ikan ini tergolong lumayan baik.

Harga daging ikan nila juga tidak terlampau mahal, supaya cocok untuk seluruh kalangan rakyat. Tidak semata-mata dijual didalam situasi yang masih segar, Kamu juga bisa membeli daging nila di dalam bentuk fillet yang mudah untuk diolah. Tak hanya itu, budidaya ikan nila juga banyak dipilih sebab sangat mudah dan fleksibel.

Lebih-lebih kamu bisa memanfaatkan tangki untuk daerah pembesarannya. Tetapi perlu kamu ingat bahwa sebaiknya tidak mencampurkan ikan nila bersama dengan jenis ikan lain ketika memeliharanya gara-gara ikan nila punya ciri-ciri alami yang militan. Meski begitu, ikan nila memang seringkali jadi pengganggu di sungai atau danau di Indonesia.

Inilah 8 Ciri Ikan Nila

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa ikan nila dan mujair adalah serupa. Meski bentuk tubuh dan tampilannya lumayan sama, tetapi sebenarnya jika Kamu menyimak dengan akurat karakteristik-karakteristik ikan nila berbeda lumayan tahu dengan mujair. Inilah sebagian karakteristik yang khas berasal dari ikan nila:

1. Ukuran Tubuh Sedang dan Memiliki Duri

Karakteristik berasal dari ikan nila yang pertama adalah ukuran tubuhnya yang tengah, sekaligus punyai duri. Seperti yang telah kita singgung pada bagian sebelumnya panjang ikan nila berkisar antara 20 hingga 25 cm per ekornya. Ada juga lebih dari satu jenis yang punyai panjang 30 cm, tetapi tidak cuman itu tidak ada ukuran yang lebih besar lagi.

Tak hanya itu, jika kamu memperhatikan ikan nila juga mempunyai duri yang tersebar di lebih dari satu tempat tubuhnya. Tempat itu adalah di ekor dan juga sirip ikan. Manfaat berasal dari duri ini sendiri adalah untuk melindungi nila dari ancaman predator yang di alam bebas bisa saja mengancam keselamatannya. Ketika ingin membersihkan ikan nila untuk mengonsumsi, maka jangan lupa juga bersihkan bagian duri ini.

2. Warna Tubuh

Tak hanya berasal dari ukuran dan adanya duri, karakteristik khas lain berasal dari ikan nila adalah warna tubuhnya yang unik. Mayoritas ikan nila akan punyai warna yang hitam memadai pekat, tapi ada juga lebih dari satu yang berwarna abu-abu.

Ketika masih berusia kecil, kamu juga bisa memirsa garis-garis yang melintang di daerah tubuhnya. Garis ini akan hilang bersamaan dengan perkembangan ukuran ikan dan usianya. Semakin tua juga warna tubuh nila akan cenderung lebih abu-abu.

Tidak semata-mata itu, sebagian ikan nila juga dikenal ada yang berwarna tubuh orange. Tak sekedar itu sisiknya juga ada yang berbentuk bulat dan berbebeda dengan nila pada umumnya. Variasi warna dan pola motif tubuh inilah yang membuatnya berbeda dengan mujair.

3. Omnivora

Karakteristik-Karakteristik ikan nila akhirnya adalah sifatnya yang pemakan segala atau hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Dengan mempunyai karakter seperti ini, tidak heran jika nila termasuk ikan yang bisa bertahan hidup di sungai-sungai yang memadai keruh sebab bisa memakan apa saja. Lebih dari satu makanan yang paling nila sukai adalah lumut atau gulma. Tak sekedar itu ikan nila juga akan kerap konsumsi ikan yang ukurannya jauh lebih kecil atau hewan sungai kecil yang lain.

4. Tubuhnya Pipih

Tak hanya berukuran tengah, karakteristik fisik lain yang paling terlihat berasal dari ikan nila adalah bentuk tubuhnya yang pipih. Nila cenderung mempunyai tubuh yang memanjang ke samping dan terlihat ramping. Karena bentuknya yang ramping, kemampuan berenang nila juga tergolong baik dan membuatnya jadi ikan yang gesit.

5. Mata yang Menonjol

Karakteristik-Karakteristik ikan nila akhirnya adalah bentuk matanya yang menonjol. Bagian mata nila akan menonjol dengan tepian yang berbentuk lingkaran berwarna putih. Ini jadi salah satu karakteristik khas yang bisa dengan mudah Kamu amati ketika menyaksikan ikan nila.

6. Mudah Berkembang Biak

Karakteristik akhirnya berasal dari ikan nila adalah termasuk jenis ikan yang mudah sekali untuk berkembang biak. Ketika akan bertelur, maka ia akan menggali dasar tanah yang ada di di dalam air sampai membentuk seperti lubang kecil.

Sesudah itu, nila betina akan meletakkan telur-telur itu di didalam lubang yang pada akhirnya akan pejantan buahi. Baru kelanjutannya sesudah pembuahan berakhir, telur nila akan masuk ke di dalam mulut betina.

Sebab mengerami telur di didalam mulut, ikan nila punya julukan “Pengeram Mulut” atau mouthbrooder. pengeraman di di dalam mulut ini juga bukan tanpa alasan. Maksud nila memasukkan telur di didalam mulut adalah untuk melindunginya berasal dari agresi predator
yang bisa membahayakan kelangsungan telur-telur itu.

Betina nila akan menyimpan telur di di dalam mulut hingga menetas jadi bentuk larva ikan.
Karena sangat mempertahankan anak-anaknya, ikan nila juga termasuk hewan yang sangat parental care, atau melindungi anaknya dengan baik.

Tidak cuman mudah berkembang biak, nila juga bisa menghasilkan telur didalam jumlah yang sangat besar. Di dalam sekali bertelur, ikan nila bisa mengeluarkan 1.500 butir telur. Pasti termasuk jumlah yang sangat besar, mengingat ukuran tubuhnya yang tidak amat besar.

7. Bertulang Belakang dan Sisiknya Berlendir

Karakteristik-Karakteristik ikan nila pada akhirnya adalah mempunyai tulang belakang. Adanya tulang belakang ini membuatnya termasuk didalam jenis hewan vertebrata (Hewan bertulang belakang). Tidak tanggung-tanggung, tulang ini juga terbilang kokoh dan sangat keras dan jadi penunjang struktur tubuh yang sangat krusial bagi ikan nila.

Karakteristik khas lain yang bisa kamu jumpai berasal dari ikan nila adalah sisiknya yang berlendir. Serupa seperti jenis ikan lainnya, nila juga miliki sisik yang menyelimuti tubuhnya. Tapi sedikit berbeda dengan ikan lain, terdapat lendir yang menyelimuti sisik ini. Keberadaan sisik menyebabkan tubuh nila jadi licin supaya bisa sekaligus melindunginya berasal dari predator.

Karena, ketika ada predator yang ingin mencengkramnya, nila bisa bebas dengan memanfaatkan licinya lendir yang ada di tubuhnya. Tidak cuman itu, keunikan lain berasal dari tubuh ikan nila terletak pada adanya gurat yang ada disisi tubuh ikan.

Gurat sisi ini punyai julukan linea lateralis dan berfungsi mempertahankan ekuilibrium ikan nila ketika ia tengah berenang. Tak sekedar itu guratan ini juga mempunyai faedah untuk mengukur kedalaman dan arus air.

8. Kemampuan Adaptasi yang Baik

Karakteristik-Karakteristik ikan nila yang paling akhir adalah punyai kemampuan adaptasi yang sangat baik. Perlu kamu sadar bahwa ikan nila termasuk di dalam jenis hewan yang berdarah dingin atau poikiloterm.

Karena berdarah dingin, nila selanjutnya mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk menyesuaikan suhu tubuhnya disesuaikan dengan lingkungan daerah tinggalnya. Hal ini membawa dampak ikan nila mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup dengan sangat baik, di lingkungan yang dingin maupun panas.

Habitat ikan nila sendiri memang berasal di sungai, dan Kamu bisa menemukan jenis ikan ini dengan mudah di habitat itu. Lebih-lebih pada sungai yang punyai kedalaman yang tidak terlampau tinggi. Akan tapi, nila juga bisa bertahan hidup di daerah persawahan lebih-lebih di perairan yang payau sekalipun. Dengan fakta ini, memang benar jika ikan nila sangat baik untuk beradaptasi di bermacam suasana lingkungan.

BACA JUGA

Nah sobat, itulah karakteristik-karakteristik ikan nila yang bisa kamu amati. Meski terlihat mirip dengan ikan mujair, nyatanya sangat banyak disparitas ikan ini dengan mujair bukan? Baik itu berasal dari segi fisik maupun berasal dari sifatnya sebagai ikan air tawar yang mudah beradaptasi dan bisa berkembang biak dengan sangat mudah.

Tak sekedar itu, ikan nila juga bisa jadi alternatif sumber protein yang baik sekaligus terjangkau. Inilah yang menyebabkan kamu bisa memilih daging ikan nila sebagai bagian berasal dari mengkonsumsi sehat harian.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa ciri-ciri ikan nila yang bisa admin sampaikan semoga pembahasan di atas dapat membantu kalian yang sudah membaca, jangan lupa tetap ikuti terus admin idhealt.com agar tidak ketinggalan berita menarik lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.