Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS dan BPJSTKU

Tiap karyawan harus tercatat dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Pungutan yang dibayar /bulan akan terakumulasi dan satu saat dapat dicairkan. Langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan (check saldo BPJS Ketenagakerjaan) bisa juga dilaksanakan lewat online.

Sebagai info, untuk karyawan yang menerima gaji, besaran pungutan JHT ialah 5,7 % dari gaji, dengan ketetapan sekitar 2 % dibayar oleh karyawan sementara bekasnya sejumlah 3,7 % dibayar pemberi kerja.

Dalam ketentuan terkini yaitu Ketentuan Pemerintahan No. 60 Tahun 2015, saldo JHT dapat diambil 10 %, 30 %, sampai 100 % tak perlu menanti umur kepesertaan sepuluh tahun atau peserta minimum berusia 56 tahun.

Peserta yang aktif bekerja di perusahaan atau sedang menyiapkan periode pensiun bisa ajukan claim saldo JHT 10 % atau 30 %. Simak juga: 3 Langkah Gampang Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Sepanjang Covid-19 Sementara peserta yang tidak bekerja karena beberapa keadaan bisa ajukan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kepunyaannya sejumlah 100 %.

Berikut langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan (check saldo BPJS Ketenagakerjaan):

Lewat SMS 2757


Langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan (check BPJS Ketenagakerjaan) lewat SMS dapat lewat nomor 2757.

Awalnya, peserta BPJAMSOSTEK harus mendaftarkan lewat SMS dengan menulis: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Selanjutnya kirim ke 2757. Sesudah tercatat, peserta dapat mengirimi pesan dengan pola SALDO (spasi) no peserta, lalu kirim ke 2757.

Lewat program BPJSTKU Mobile


Langkah check saldo BPJS Ketenegakerjaan online bisa juga dilaksanakan lewat program BPJSTKU Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry. Sesudah mengambil, peserta wajib melakukan register lebih dulu untuk memperoleh PIN.

Persyaratan register di program BPJSTKU Mobile diantaranya Nomor KPJ (berada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama. Sesudah tercatat dan login, peserta bisa lakukan check saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, click menu “Saksikan Saldo” di program BPJSTKU sesudah lakukan login.

Langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilaksanakan lewat situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Jika belum tercatat di situs itu, dapat lakukan register dengan:

  • Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Tentukan menu register.
  • Isi formulir sesuai data. Salah satunya ialah Nomor KPJ Aktif, Nama, Tanggal lahir, Nomor e-KTP, Nama ibu kandungan, Nomor hp dan e-mail.
  • Jika sukses, kamu akan memperoleh PIN. PIN dikirimkan lewat e-mail dan SMS dari nomor hp yang didaftarkan.

Sementara berikut langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat web: Masuk ke

  • https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Masukan alamat e-mail di kolom pemakai.
  • Masukan password.
  • Sesudah masuk, tentukan menu service.
  • Dalam menu service, tentukan check saldo JHT.
  • Masukan PIN yang dikirimkan lewat e-mail dan SMS.
  • Saldo JHT kamu akan diperlihatkan.

Selainnya langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan online, check saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa juga dilaksanakan secara off line yaitu dengan bertandang ke langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan paling dekat. Proses langkah check saldo BPJS Ketenagakerjaan (check BPJS Ketenagakerjaan) di kantor cabang yaitu perlu memberikan kartu identitas berbentuk KTP dan kartu peserta BPJS Ketenakerjaan di petugas service.

Reply