web hit counter Cara Mengatasi Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan - idhealt.com

Cara Mengatasi Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

idhealt.com – Saat tengah asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Hmmm… tentu hal ini sangatlah mengganggu dan mengesalkan. Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, memang tidak enak.

Pasalnya, ini menyebabkan tenggorokan menjadi sakit saat menelan makanan. Apalagi, jika tidak langsung dijalankan tindakan, hal ini berisiko mengakibatkan iritasi dan juga pembengkakan di wilayah tenggorokan, lho! Lalu apa yang harus dijalankan jika kamu tak sengaja menelan tulang ikan.

LIHAT JUGA

Cara mengatasi tidak sengaja menelan tulang ikan

Berikut berbagai upaya yang bisa kamu melakukan untuk mengeluarkan duri atau tulang ikan saat tidak sengaja menelannya:

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali kamu mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Pasalnya, hal itu bisa mengakibatkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika kamu tidak dapat menjamin kebersihan tangan kamu.

2. Batuk

Hal pertama yang bisa kamu coba adalah batuk. Didalam sebagian persoalan, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di didalam tenggorokan.

3. Minum air garam

Jika dengan batuk duri masih belum hilang, kamu bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Akhirnya, minum air campuran garam itu. Jika duri ikan yang tertelan lumayan kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi

Kamu juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk jadi bola-bola kecil. Ingat, jangan sangat besar sebab kamu berisiko tersedak.
Jangan lupa siapkan segelas air sehingga membantu nasi mendorong duri tanggal berasal dari tenggorokan.

5. Menelan marshmallow

Tidak cuman nasi, kamu juga bisa menelan marshmallow sebagai perlindungan. Isi mulut kamu dengan sebagian marshmallow. Lalu kunyahlah marshmallow, sesudah itu telan. Marshmallow mempunyai tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah jadi lengket. Hal ini terlalu mungkin duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

6. Minum minyak zaitun

Hal lain yang dapat kamu coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum minyak zaitun. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun amat mungkin memberikan pelumasan di dalam kerongkongan agar mengakibatkan duri melunak dan terlepas.

7. Makan pisang

Serupa seperti makan nasi, Kamu bisa konsumsi lebih dari satu pisang yang telah dipotong-pangkas dengan ukuran tengah, dan mengemutnya di didalam mulut. Pastikan Kamu tidak mengunyah! Sehabis lumayan lembab, perlahan-huma telanlah pisang itu.

Supaya menghindari tersendak, sesudah menelan pisang, segeralah minum segelas air.
Kelengketan pisang bisa menarik tulang ikan supaya sangat mungkin terlepas berasal dari kerongkongan.

8. Segera konsultasi ke dokter

Jika kamu tidak berhasil menghilangkan ketulangan di tempat tenggorokan dengan cara-cara yang udah disebutkan di atas, kamu harus langsung konsultasi ke dokter Tht. Terlebih jika ketulangan yang kamu alami menimbulkan beraneka keluhan, seperti rasa sakit yang tidak kunjung sembuh ataupun pembengkakan di tempat tenggorokan.

Biasanya dokter akan lakukan X-Ray dan menyuruh kamu menelan cairan berbasis barium.
Metode lain yang bisa ditunaikan adalah jalankan laringoskopi untuk memirsa di bagian belakang tenggorokan kamu.

Untuk masalah yang lebih parah, dokter biasanya menyarankan untuk laksanakan CT scan dan endoskopi untuk saksikan taraf rusaknya kerongkongan atau saluran pencernaan kamu implikasi menelan tulang ikan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.