web hit counter Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks yang Mudah Dipelajari - idhealt.com

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks yang Mudah Dipelajari

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks yang Mudah Dipelajari (437529)

Ilustrasi cara membaca puisi tanpa menggunakan teks. Foto: dok. https://unsplash.com/

idhealt.com – Puisi merupakan salah satu karya sastra yang telah lumayan di penduduk. Puisi dapat disampaikan dengan beraneka macam cara, termasuk dengan cara membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut deklamasi. Untuk dapat memahaminya dengan lengkap, mari simak penjelasannya didalam artikel berikut.

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks dan Kelebihannya

Didalam kajian pengetahuan sastra kami mengenal bermacam macam karya sastra yang dibuat dengan ketetapan spesifik di dalamnya, salah satunya adalah karya sastra berupa puisi. Puisi merupakan bentuk karya sastra yang disusun dengan diksi dan prosa spesifik.

Umumnya puisi memuat ungkapan pesan penulis untuk pembacanya.  pengertian puisi lebih rinci disebutkan didalam buku berjudul Seni Mengenal Puisi yang ditulis oleh Agnes Pitaloka dan Amelia Sundari (2020: 9) yang menyebutkan bahwa puisi secara umum merupakan sebuah karya sastra yang berasal berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair.

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks yang Mudah Dipelajari (437530)Ilustrasi cara membaca puisi tanpa menggunakan teks di depan audiens. Foto: dok. https://unsplash.com/

Puisi juga dapat dikatakan sebagai bentuk aktualisasi diri diri yang menggambarkan keesahan, khayalan, kritik, pemikiran, pengalaman, kesenangan ataupun nasehat seseorang. Puisi ini umumnya disusun atas bahasa yang latif dan padat makna. Supaya pesan yang tertulis di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik, pasti kami perlu menyampaikannya dengan baik.

Ragam cara menyampaikan puisi disebutkan secara detail di dalam buku berjudul Cermat Berbahasa Indonesia: Suplemen Materi Bahasa Indonesia karya Sutarno, S.Pd (2019:99) yang menyebutkan bahwa membaca puisi dapat ditunaikan dengan dua teknik, yaitu membaca simple dan musikalisasi puisi.

Untuk cara membaca puisi dengan membaca simple dapat dilaksanakan dengan membaca puisi dengan sentuhan intonasi, melodi, dan gesture yang disesuaikan dengan keadaan didalam puisi. Sedangkan musikalisasi puisi merupakan pembacaan puisi dengan melagukan puisi yang dilantunkan dengan melodi latif dan sentuhan musik. Puisi juga dapat disampaikan tanpa menggunakan teks.

Cara Membaca Puisi Tanpa Menggunakan Teks yang Mudah Dipelajari (437531)Ilustrasi cara membaca puisi tanpa menggunakan teks dengan penghayatan yang baik. Foto: dok. https://unsplash.com/

Sebagaimana yang dipaparkan di dalam buku Aku Bahagia Bahasa Indonesia yang disusun oleh Nandang R Pamungkas dan Ismail Kusmayadi (2009: 56) yang menyebutkan bahwa deklamasi adalah menyajikan pembacaan puisi dengan cara menghafalnya terlebih dahulu, agar cara penyampaian puisi dengan deklamasi ini tidak dilaksanakan dengan membaca teks puisi secara langsung.

Cara penyampaian puisi dengan deklamasi ini punyai keunggulan tersendiri. Hal ini gara-gara saat berdeklamasi, kami akan memberi tambahan kesan yang mendalam gara-gara penghayatan dan pemahaman isi puisi sudah dijalankan sebelum menampilkannya.

Klarifikasi cara membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut dengan deklamasi lengkap dengan kelebihannya dapat kami jadikan pedoman untuk menyampaikan puisi dengan baik ke depan khalayak supaya pesan yang tertulis di dalamnya daoat tersampaikan dengan baik. (Dap)

BACA JUGA :

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu membagikan web site ini kepada teman kalian semua dan selalu tetap konsisten  mengunjungi idhealt.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.