web hit counter [BREAKING] Petisi Tolak Permenaker JHT Sudah Diteken Lebih dari 160.000 Orang - idhealt.com

[BREAKING] Petisi Tolak Permenaker JHT Sudah Diteken Lebih dari 160.000 Orang

idhealt.com Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengeluarkan Ketentuan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Didalam Permenaker itu dijelaskan bahwa dana JHT baru bisa dicairkan saat pegawai berusia
56 tahun atau memasuki masa pensiun. Ketetapan ini mendapat banyak penolakan.

Apalagi petisi “Batalkan Permenaker Nomor 2/2022” ditandatangani lebih dari 150.000 orang. Berdasarkan pantauan pada Sabtu (12/2/2022) pukul 16.56 WIB, petisi itu sudah ditandatangani 167.325 orang.

Petisi ini dibuat Suhari Ete yang ditujukan kepada pihak pihak, yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kementerian Ketenagakerjaan dan juga Presiden Jokowi.

Presiden Konfederasi Perkumpulan Pekerja Indonesia

Penolakan juga berasal dari perkumpulan buruh. Presiden Konfederasi Perkumpulan Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, JHT merupakan salah satu “Pegangan” penting ketika buruh mengalami pemutusan interaksi kerja (PHK).

Supaya ketika ada ketentuan yang mengakibatkan JHT baru bisa dicairkan saat usia 56 tahun, buruh yang di-phk akan semakin menderita. “Permenaker ini ditolak keras oleh KSPI dan buruh Indonesia.

Apalagi terkesan bagi kita para buruh, ini menteri pengusaha atau menteri tenaga kerja?,”
kata Presiden KSPI Said Iqbal di dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (12/2/2022).

Di sisi lain, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan, tujuan JHT adalah untuk menjamin adanya uang tunai di hari tua. Karena itu, klaim JHT seharusnya tidak dilaksanakan sebelum masa hari tua tiba.

Permenaker 2/2022 juga tidak dimaksudkan untuk menyulitkan peserta. Justru hal ini wujud berasal dari komitmen pemerintah di dalam memberikan pertolongan yang seluruhnya berasal dari segala tahapan kehidupan peserta, di mana pada saatnya nanti peserta akan memasuki hari tua.

“Didalam suasana ini (Hari tua), harapannya peserta masih memiliki dana untuk mencukupi keperluan hidupnya.

Menjadi tujuan itu tidak akan pernah tercapai bila dana untuk masa tua telah diambil semuanya sebelum datangnya hari tua,” kata Ida Fauziyah saat dikonfirmasi, Sabtu (12/2/2022).

Bila peserta JHT di-phk sebelum usia 56 tahun, Ida mengatakan terdapat skema dukungan yang akan meng-cover keadaan itu, yaitu adanya hak atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang penggantian hak, sampai manfaat jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) di mana juga terdapat manfaat uang tunai dengan jumlah tertentu di samping adanya akses info pasar kerja dan pelatihan kerja.

Akhir Kata

Semoga info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Dan jangan lupa untuk tetap konsisten mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.