web hit counter Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara - idhealt.com

Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

idhealt.com – Tak hanya trigatra, ada satu lagi komponen yang menyusun astagatra, yaitu pancagatra. Apabila trigatra berhubungan dengan aspek alamiah, maka pancagatra ini berhubungan dengan aspek sosial.

Dilansir berasal dari laman formal Perpustakaan Forum Ketahanan Nasional Republik Indonesia, dijelaskan, lima aspek sosial di dalam pancagatra, yaitu:

  • Ideologi

Ideologi merupakan sebuah platform nilai dan kebulatan ajaran yang menambahkan motivasi. Ideologi juga mempunyai kandungan konsep dasar mengenai kehidupan
dicita-citakan oleh sebuah bangsa.

Sebuah ideologi umumnya bersumber berasal dari sebuah falsafah dan merupakan aplikasi berasal dari platform falsafah tersebut sendiri. Bagi bangsa Indonesia, pancasila merupakan ideologi yang bersifat final.

Pancasila tidak bisa dirubah ataupun ditawar. Nilai-Nilai yang ada pada pancasila bersumber berasal dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang udah aja semenjak ratusan th lalu.

  • Politik

Platform politik Indonesia disusun berdasarkan nilai-nilai yang ada pada ideologi pancasila dan konstitusi UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Platform politik Indonesia merupakan asas, haluan, bisnis, dan juga kebijakan negara berkenaan pembinaan dan juga pemanfaatan potensi nasional, baik yang potensial maupun yang efektif secara totalitas untuk mencapai tujuan nasional.

Didalam platform politik terdapat aktivitas politik, adapun kesibukan politik negara Indonesia dibagi jadi dua style, yaitu politik didalam negeri dan politik luar negeri.

  • Ekonomi

Aspek ekonomi berhubungan dengan kesibukan pemenuhan keperluan rakyat, meliputi pengelolaan faktor produksi, distribusi, dan mengonsumsi barang dan jasa, dan juga bisnis-bisnis untuk tingkatkan kesejahteraan penduduk.

Upaya menaikkan kesejahteraan penduduk bisa terlihat berasal dari platform perekonomian Indonesia yang disusun sebagai bisnis bersama dengan berdasar atas asas kekeluargaan.

  • Sosial-Budaya

Didalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Damri dan Fauzi Eka Putra, dijelaskan bahwa aspek sosial berhubungan dengan pergaulan hidup rakyat Indonesia di mana nilai-nilai kebersamaan, perasaan senasib, sepenanggungan, dan solidaritas merupakan unsur pemersatu.

Contoh bentuk aspek sosial adalah gotong royong yang identik dengan semangat persatuan dan kesatuan. Waktu aspek budaya berhubungan dengan platform nilai yang merupakan hasil interaksi manusia dengan cipta rasa dan karsa yang menumbuhkan gagasan-gagasan primer dan juga merupakan daya pendukung penggerak kehidupan.

Salah bentuk aspek kebudayaan adalah kebudayaan nasional yang terbentuk berasal dari hubungan bermacam kebudayaan lokal
(Kebudayaan suku bangsa).

  • Pertahanan dan Keamanan 

    Aspek pertahanan dan keamanan berhubungan dengan upaya menjaga kedaulatan Indonesia berasal dari beragam ancaman dan gangguan. Upaya itu dijalankan dengan membangun platform pertahanan yang kuat.Berasal dari segi pertahanan, Indonesia menggunakan platform pertahanan semesta (Sishanta) yang melibatkan semua sumber kekuatan nasional. TNI sebagai komponen primer, saat warga negara berperan sebagai komponen cadangan dan pendukung.

    Menjadi, upaya menjaga kedaulatan Indonesia dikerjakan oleh seluruh komponen, tidak cuman TNI namun juga warga negara. Seluruh bersatu-padu untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara Indonesia.

 

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu membagikan web site ini kepada teman kalian semua dan selalu tetap konsisten  mengunjungi idhealt.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.