web hit counter Apa Penyebab Kanker Payudara? Faktor Risiko yang Perlu Diketahui - idhealt.com

Apa Penyebab Kanker Payudara? Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Apa Penyebab Kanker Payudara? Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

idhealt.com — Kanker payudara adalah penyakit yang kompleks dan sering membingungkan. Tidak jelas apa yang menyebabkan sel-sel normal tumbuh di luar kendali dan berkembang biak.¹

Para peneliti tahu bahwa faktor risiko hormonal, genetik, gaya hidup, dan lingkungan tertentu meningkatkan kemungkinan kanker payudara. Tetapi juga benar bahwa orang dengan sedikit atau tanpa faktor risiko tetap terkena kanker payudara, dan orang dengan banyak faktor risiko tidak pernah terkena kanker payudara.²

Dengan itu, inilah yang kita ketahui tentang apa yang menyebabkan kanker payudara, ditambah faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkannya.

Apa Penyebab Kanker Payudara?

Sederhananya, kanker payudara terjadi ketika sel-sel payudara tumbuh secara tidak normal. Para peneliti mengaitkan perubahan sel ini dengan interaksi rumit antara faktor genetik dan lingkungan, meskipun penyebab pasien kanker payudara individu mungkin tetap tidak diketahui.

Saat sel-sel abnormal membelah, mereka menumpuk menjadi massa atau benjolan dan juga dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh, seperti kelenjar getah bening.

Sebagian besar kanker payudara pada wanita dan pria dimulai di saluran yang menghasilkan susu; ini disebut karsinoma duktal invasif. Kanker payudara lainnya dimulai di sel jaringan payudara lainnya, termasuk jaringan kelenjar yang disebut lobulus; ini disebut karsinoma lobular invasif.²,⁴

Penting juga untuk menyebutkan mutasi gen di sini. Para peneliti memperkirakan bahwa antara 5% dan 10% dari semua kanker payudara terjadi karena mutasi gen yang diwariskan, yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui DNA. Dan meskipun ada banyak mutasi gen herediter yang meningkatkan risiko kanker payudara, dua yang paling terkenal adalah BRCA1 dan BRCA2.⁵

BRCA1 dan BRCA2 sebenarnya adalah gen penekan tumor yang, ketika berfungsi sebagaimana mestinya, menjaga sel-sel payudara agar tidak tumbuh secara tidak normal. Tetapi ketika gen-gen ini bermutasi dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, itu meningkatkan risiko kanker payudara (dan juga ovarium). Menurut CDC, satu dari 500 wanita membawa mutasi pada gen BRCA1 atau BRCA2-nya.

Jika Anda ingin tahu tentang risiko herediter Anda terhadap kanker payudara dan kanker lainnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang tes genetik.

Faktor Risiko Kanker Payudara

Risiko kanker payudara jauh lebih besar pada wanita dibandingkan pria. Wanita di A.S. memiliki peluang satu dari delapan untuk mengembangkan jenis kanker ini selama hidup mereka. Sebaliknya, seorang pria yang lahir di AS saat ini memiliki sekitar satu dari 800 kemungkinan didiagnosis menderita kanker payudara selama hidupnya.⁷

Faktor risiko kanker payudara pria tidak dipahami dengan baik. Sementara para peneliti telah mengidentifikasi beberapa faktor genetik dan lingkungan yang mungkin berperan, kebanyakan pria tidak memiliki faktor risiko yang diketahui selain usia yang lebih tua. Kanker payudara pria didiagnosis rata-rata pada usia 71 tahun.

Lebih banyak yang diketahui tentang faktor risiko pada wanita. Meskipun demikian, memiliki satu (atau beberapa) faktor risiko tidak membuat seorang wanita menderita kanker payudara di masa depan, sama seperti kurangnya faktor risiko tidak berarti dia tidak akan pernah terkena kanker payudara.

Faktor risiko berikut ini terkait dengan perkembangan kanker payudara pada wanita:

Usia

Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia seorang wanita, itulah sebabnya American College of Obstetricians and Gynecologists mendorong mammogram tahunan mulai usia 40 tahun untuk wanita dengan risiko rata-rata.⁹

Hubungan S*xs

Wanita memiliki risiko yang jauh lebih besar terkena kanker payudara daripada pria.

Riwayat pribadi dan keluarga

Riwayat pribadi karsinoma lobular in situ (sel abnormal yang ditemukan di kelenjar penghasil susu pada payudara) atau hiperplasia atipikal (perubahan non-kanker pada sel payudara) meningkatkan risiko kanker payudara. Riwayat kanker di satu payudara juga meningkatkan kemungkinan terkena kanker di payudara lainnya. Selain itu, memiliki riwayat keluarga kanker payudara menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar

Konsumsi alkohol

Semakin banyak alkohol yang diminum seorang wanita, semakin tinggi risiko terkena kanker payudara.

Radiasi

Dengan segala jenis pengobatan radiasi area dada di masa kanak-kanak atau dewasa muda, risiko kanker payudara meningkat.

Usia menstruasi

Jika Anda memulai menstruasi sebelum usia 12 tahun, risiko kanker payudara meningkat.

Usia menopause

Jika Anda mulai menopause setelah 55, risiko kanker payudara meningkat.

Usia melahirkan

Melahirkan anak setelah usia 30 tahun meningkatkan risiko Anda.

Kehamilan

Wanita yang belum pernah hamil memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang pernah hamil satu kali atau lebih.

Terapi hormon

Terapi hormon untuk menopause, khususnya jenis apa pun yang menggabungkan estrogen dan progesteron, meningkatkan risiko beberapa jenis kanker payudara.

Massa Tubuh

Indeks massa tubuh yang lebih tinggi (perkiraan lemak tubuh) dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi pada wanita pascamenopause. Penelitian menunjukkan bahwa sel-sel lemak ekstra, yang menciptakan estrogen, mungkin bertanggung jawab atas risiko kanker payudara yang lebih tinggi

Rekap

Kanker payudara terjadi ketika sel bermutasi dan berkembang biak. Apa yang memicu perubahan itu tidak selalu jelas. Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik, hormonal, lingkungan, dan gaya hidup mungkin berpengaruh.

Karena wanita jauh lebih mungkin daripada pria untuk mengembangkan kanker payudara, ada banyak penelitian tentang apa yang dapat menyebabkan sel-sel payudara tumbuh di luar kendali. Mengetahui faktor risiko kanker payudara dapat membantu wanita memulai percakapan dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang tindakan pencegahan, termasuk skrining kanker payudara.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.