Apa Itu Frozen Food, Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Frozen Food

Frozen Food bukanlah makanan dengan konsep yang baru di Indonesia. Makanan atau cemilan ini selalu menarik perhatian penikmatnya, terlebih cara penyajiannya yang terbilang sangat mudah dan tidak membuat kerepotan Anda untuk menyajikan hidangan ini.

Makanan frozen food biasa dihidangkan di waktu santai untuk dijadikan cemilan atau sering juga dijadikan makanan utama untuk makan bareng bersama keluarga. Santapan makanan beku ini dapat menjaga kesehatan anda dan mampu menghemat pengeluaran uang belanja bulanan Anda, karena froozen food tahan disimpan di ruang tempat penyimpanan dingin anda (kulkas).

Secara mudahnya frozen food merupakan santapan yang sudah melalui proses pembekuan serta ditaruh secara beku dan diawetkan hingga sampai Anda mengkonsumsinya. Tujuan proses pembekuan ini untuk memperlambat dekomposisi dengan mengganti kelembaban terlebih dari es tersebut, untuk membatasi perkembangan kuman aktif pada makanan frozen food. Dibawah ini beberapa makanan frozen food yang paling diminati dan dicari.

10 Daftar Menu Frozen Food yang Paling Sering Di Konsumsi

1. Daging Sapi dan Ayam

Frozen food satu ini selalu menjadi salah satu makanan kesukaan orang banyak di wilayah Indonesia. Pada umumnya memanglah menu ini dibuat menjadi tipe daging dalam kondisi beku. Tetapi dengan kedatangan frozen food daging sapi dan ayam ini menjadi sesuatu kemudahan dalam Anda untuk mengkonsumsinya.

Makanan frozen food ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama dan aman, selama media pemyimpanan yang baik dan benar. Apalagi dengan alterasi frozen food saat ini unutuk waktu yang lebih lama. Apalagi dengan alterasi frozen food saat ini yang terus membuat manarik pastinya daging ayam serta sapi tersebut telah dibumbui serta tanpa diolah lanjut kembali.

2. Nugget Ayam

leo roza zNqArwc7Hh4 unsplash 1
Sumber : unsplash.com

Nuget ayam merupakan hasil dari pengolahan daging ayam yang mempunyai cita rasa tertentu. Frozen food yang satu ini jadi salah satu yang lumayan banyak penggemarnya sebagai frozen food king. Kenapa begitu, sebab penggemarnya lumayan banyak serta jadi salah satu olahan frozen food yang sangat disukai semenjak dahulu hingga sekarang.

Bahan baku nugget ini merupakan ayam, tepung serta bumbu yang dioleh sedemikian rupa, lewat bermacam tahapan pengolahan serta kemudian dibekukan lalu dikemas buat ditaruh lebih lama lagi. Cara memasuknya hanya tinggal digoreng saja dan ditunggu hingga kekuningan.

Nugget ayam juga sangat cocok untuk membuat hidangan untuk dijadikan bekal Anda, sebab proses penjyajianya sangatlah gampang serta terbilang cepat dan mudah. Walaupun gampang ditemui di pasaran dengan harga yang variatif, tidak terdapat salahnya Anda membuat olahan ini dengan bumbu sederhana.

3. Bakso

anton CPTKCrg oOo unsplash 1
Sumber : unsplash.com

Frozen food ini bakso ialah kombinasi daging sapi giling yang dicampur tepung tapioca serta dibangun mirip bola- bola kecil, umumnya memakai daging. Bakso disajikan dalam kondisi panas dengan kuah bening merupakan salah satu makanan atau cemilan yang sering menjadi kesukaan dalam frozen food. Umumnya terdapat 3 tipe opsi bakso ialah sapi, ayam serta ikan.

Bakso ini merupakan olahan daging ikan, sapi ataupun ayam yang digiling serta diolah dengan kombinasi tepung serta formula bumbu, setelah itu dimasak serta bermacam berbagai proses tahapan demi tahapan setelah itu dikemas serta ditaruh buat waktu yang lama. Cara konsumsinya juga sama tinggal digoreng ataupun direbus.

4. Tempura

bady abbas xBMNxrbQonw unsplash
Sumber : unsplash.com

Frozen food yang satu ini biasa disebut tempura adalah sejenis gorengan yang berbalut dalam campuran tepung terigu dicampur dengan air dan telur dan diaduk menjadi satu bentuk yang padat. Tempura selalu harus dicelupkan ke dalam putih telur yang telah dikocok dalam waktu beberapa menit hingga berubah menjadi sedikit berbusa.

5. Sosis

rich smith 15tRu0OgPUk unsplash
Sumber : unsplash.com

Frozen Food satu ini sudah cukup populer di wilayah Indonesia. Sosis makanan cepat siap saji atau untuk digoreng untuk dimakan hangat-hangat. Sosis yang biasanya sering Anda jumpai diluaran sana, berbahan dasar olahan daging ayam dan sapi. Terbuat dari daging cincang, rempah dan lemak hewan serta bahan lainya.

Pada dasarnya sosis dibungkus bersama pembungku yang digunakan menggunaka usus hewan, tetapi sekarang lebih sering dijumpai dibungkus menggunakan bahan sintetis. Misalnya degan pengasapan untuk di awetkan supaya makanan frozen food satu ini bisa disimpan di ruangan suhu yang stabil untuk dalam waktu jangka panjang.

6. Fish Stick

deep fried fish ball dark surface 1
Sumber : unsplash.com

Fish stick merupakan frozen food yang memliki variasi produk berupa olahan ikan-ikan yang dibentuk seperti stik dengan dicampur lapisan tepung panir.  Fish stick goreng dapat Anda sajikan sebagai cemilan atau makanan besar untuk seluruh anggota keluarga dengan dipadukan bareng saus sambal. Terlebih nikmat juga dijadikan lauk makan bareng dengan nasi dan sambal.

Fish stick frozen food yang sudah digoreng juga bisa disajikan bareng dengan kulit tortila atau krep. Bahan kulit krep ini merupakan tepung terigu, susu cair, mentega dan telur. lalu semua bahan-bahan ini kemudian dicampur bersamaan dan diaduk secara merata, didadar dengan wajan anti lengket sedikit demi sedikit.

Olahan frozen food daging ikan ini berlapis tepung yang membuatnya akan renyah dan gurih. Fish stick sangat cocok sekali untu makan sehat untuk Anda dan keluagra dirumah. Tanpa harus repot membuat Anda menunggu waktu dalam waktu lama, karena makanan ini sangat mudah dan cepat diolah dan digoreng.

7. Otak-Otak Ikan

eduardo soares N6zB7z7MEvk unsplash 1
Sumber : unsplash.com

Frozen food olahan ini merupakan makanan atau camilan yang cocok diwaktu santai bareng keluarga Anda. Otak-otak sendiri makanan olahan bentuk daging cincang yang dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri, santan, telur, sagu, dan bumbu-bumbu lain seperti garam, gula, bawang, dan juga merica. Dan otak-otak dibuat dalam bentuk panjang panjang diolah melalui beberapa tahap dan kemudian dibekukan untuk masa waktu yang lebih panjang untuk di konsumsi oleh Anda.

8. Chicken Katsu

ryan kwok d2RYC06lRV0 unsplash
Sumber : unsplash.com

Makanan ini adala olahan makanan dari Japan, frozen food chicken katsu merupakan sebuah hidangan makanan yang populer dan sebenarnya terdapat banyak jenis katsu dan yang merupakan katsu berbahan dasar daging ayam sehingga diberi nama chiken katsu.

Masakan ini terdiri dari potongan-potongan ayam goreng yang dilapisi tepung roti, potongan daging untuk chiken katsu tidaklah terlalu tebal pada dasarnya, yang biasa digunakan untuk membuatnya adalah tipe bagian daging paha ayam tanpa tulang atau bisa juga dada ayam tanpa tulang semua sesuai dicari pengolahanya, untuk menempelkan isi tepung roti biasanya dipakai daging ayam yang lalu akan dilumur telur terlebih dahulu sebelum ditaburi garam.

Lalu pada dagingnya baru dilapisi tepung roti menggulung dan digoreng dengan minyak yang banyak sehingga semua bagian terendam dan matang secara sempurna.

9. Dumpling Keju

pexels los muertos crew 8064395
Sumber : pexels.com

umpling adalah adonan tepung yang membungkus isian tertentu atau sekadar adonan kulit tepung saja. Isian tersebut ada bermacam-macam, seperti yang saat ini tengah populer, dumpling keju.

Dumpling keju merupakan frozen food yang terbuat dari bahan yang berbeda-beda pula, tergantung dari cara pemakaian bahan dan pengolahanya. Biasanya ada yang terbuat dari roti, tepung, atau kentang dan diisi dengan daging, ikan, keju, sayur-sayuran, buah, atau manisan. Dumpling dibuat dengan metode panggang, rebus, goreng, kukus.

Untuk mengkonsumsinya hanya perlu direbus atau dicampur dengan sayuran dan kuah yang sedikit pedas. Tetapi seringnya biasanya untuk hidangan sup panas dan seblak.

10. Kentang Goreng

silvia yohani HCgi1iR4chs unsplash
Sumber : unsplash.com

Kentang goreng ialah salah satu frozen food yang biasa kita nikmati pada restoran cepat saji. Sangat lezat memanglah disajikan sangat hangat-hangat. Sepertinya kurang lengkap bila Anda makan kentang goreng tanpa saos sambal.

Kentang goreng dalam bahasa Inggris diucap dengan french fries. Terdapat kata french yang berarti negeri Prancis. Makanya banyak yang salah kira jika cemilan satu ini berasal dari negara fashion dunia ini. Ataupun bisa jadi Anda salah satunya yang menyangka kentang goreng pula berasal dari Prancis.

Kentang goreng beku salah satu cemilan lezat yang mudah untuk Anda konsumsi, karena tidak perlu repot-repot membuang waktu lama untuk menghidangkanya. Karena kemudahannya sangat untuk cemilan bareng bersama keluarga Anda dirumah.

Itulah pengertian tentang forozen food, dan beberapa macam jenis hidangan frozen food yang ada disekitar kita.

Reply