Apa Itu Fitness Dan Alat Fitness Apa Saja Yang Bisa Kamu Gunakan Dirumah

Fitness untuk tubuh adalah kondisi fisik yang kuat dan sehat,yang meliputi pada ketajaman mental, daya tahan kardiorespirasi, kekuatan otot, daya tahan otot, komposisi tubuh, dan fleksibilitas. Meskipun ada definisi standar untuk kebugaran, Anda dapat memiliki pemahaman pribadi sendiri tentang apa itu arti kebugaran. Untuk beberapa individu, menjadi bugar berarti kemampuan untuk menyelesaikan rutinitas seperti maraton atau mengangkat banyak beban.

Definisi kebugaran Anda akan dipengaruhi oleh minat, kemampuan fisik, dan tujuan Anda unutk melakukan fitness. Apapun definisinya, Penting bagi setiap individu untuk menjaga definisi kebugaran pribadi mereka dalam hidip yang sehat ini, berarti Anda harus memiliki harapan yang realistis dan menjaga keseimbangan dan moderasi dalam semua aspek kehidupan rutinitas kesaharian Anda. Tetap ingat dan tulislah tujuan kecil yang dapat dicapai untuk pola hidup sehat dan bugar. Ini sangat dapat membantu perjalanan Anda menuju kebugaran dan jauh lebih menyenangkan.

Mungkin definisi kebugaran tidak selalu tentang kekuatan, kecepatan, kekuatan, dan koordinasi, meskipun agak aneh. Kamus Collegiate Merriam Webster mendefinisikan “kebugaran” dan menjadi “bugar” sebagai kemampuan untuk mengirimkan gen dan membuatnya menjadi sehat. Tidak ada bantuan di sana. Mencari di Internet untuk definisi kebugaran yang dapat diterapkan dan masuk akal menghasilkan sedikit hasil yang mengecewakan. Lebih buruk lagi, National Strength and Conditioning Association (NSCA), penerbit paling dihormati dalam fisiologi olahraga, dalam “Essentials of Strength Training and Conditioning” yang sangat otoritatif.

Berikut ini 5 macam-macam alat fitness yang bisa Anda gunakan dirumah tanpa membuat rumah menjadi kehabisan ruangan.

1. Sepeda Fitness

andrew donovan valdivia AB7TcT GVU0 unsplash
Sumber : unsplash.com

Sepeda fitness sangat mempermudah Anda dalam melakukan olahraga dari dalam ruangan (indoor) Tetapi, mayoritas orang yang baru saja memulai dietnya, tentu lebih memilih berolahraga lari disekitar rumah atau taman terdekat. Tanpa disadari, Anda sulit memilah pakaian lari ataupun perlengkapan yang pas buat olahraga.

 Apalagi untuk kegiatan rutin buat berlari di pagi hari atau sore hari, cuaca tentu saja sulit untuk di perkirakan untuk kegiatan  olahraga lari diluar ruangan. Tentu sepeda fitness  ini sangat menunjang kegiatan olahraga kapanpun di dalam ruangan tertentu, atau pojok ruang rumah anda, dan tentu saja bisa dipakai indoor supaya bebas menikmati pemandangan disekitar luar rumah Anda.

Dengan adanya sepeda fitness dirumah Anda, kapanpun bisa dengan gampang mengawali kerutinan olahraga serta menekuninya setiap harinya sekalipun. Kalori yang terbakar disaat Anda berlari lebih baik dan sangat banyak daripada bersepeda. Tetapi, Kamu hendak memilih lebih gampangnya dan tidak berubah- ubah sehingga lebih baik hasilnya untuk diri sendiri.

2. Matras Yoga

dane wetton t1NEMSm1rgI unsplash
Sumber : unsplash.com

Olahraga yoga mempunyai gerakan yang seragam dengan pilates. Yang membedakan itu adalah dalam bentuk latihan yoga berfokus pada kekuatan, fleksibilitas serta respirasi. Perihal hal ini pasti saja mempunyai pengaruh pada tipe matras yang digunakan dalam yoga. Matras yoga mempunyai kepribadian yang didesain spesial buat mengoptimasi gerakan yoga dengan posisi berdiri (standing pose).

Tentu saja dalam hal ini buat bisa menopang gerakan yoga Anda secara optimal,  harus diperlukan matras yoga dengan ketebalan yang relatif tipis dengan dimensi ukuran maksimum 6 milimeter. Tujuanya untuk kenyamanan anda selama melakukan olahraga yoga dan supaya cengkraman kaki ke lantai terasa mantap dan stabil. Tidak cuma itu, sebab terdapat banyak keuntungan posisi Stand- Up Pose dalam berolahraga yoga, hingga matras yang digunakan wajib harus menempel di lantai.

Tidak heran apabila matras Yoga disebut- sebut mempunyai sifat yang sangat lebih merekat, dimaksudkan buat menjauhi matras tersebut beralih. Maksudnya, kedua permukaan matras yoga hendaknya tidak membuat licin, yang akan menjauhi terpeleset dikala yoga ataupun menghindari bergesernya posisi matras dikala digunakan. Semacam matras Club Gentle Yoga Mat dari Decathlon Indonesia yang dilengkapi dengan tali buat kepraktisan dikala bawa. Tidak hanya itu, matras ini pula menawarkan ketebalan 5 milimeter yang cocok serta fitur anti slip yang sangat aman dikala melaksanakan yoga.

3. Resistance Band

bruce mars oLStrTTMz2s unsplash 1
Sumber : unsplash.com

Resistance Band merupakan perlengkapan yang sering digunakan untuk berolahraga di dalam rrumah dan terbuat dari karet yang lentur dan sangat bermanfaat buat meningkatkan beban pada gerakan workout yang Anda lakuin setiap kali berolahraga. Ukurannya yang kecil serta gampang dibawa menjadikan perlengkapan ini sesuai buat digunakan di rumah maupun dibawa dikala traveling. Seperti dumbell, perlengkapan ini pula mempunyai bermacam-macam dimensi dengan varian energi tingkat renggang yang berbeda-beda. Tipe dari resistance band juga bermacam-macam, Kamu tinggal membiasakan dengan tipe apa yang cocok dan sesuia bagi Anda sangat aman setiap digunakan.

4 Gerakan sederhana yang bisa dilakukan dengan alat fitness resistence band ini seperti :

Squats

Gerakan olahraga squat adalah salah satu latihan fitness yang sangat sederhana dan Anda bisa melakukanya di mana saja dan kapanpun baik diluar ruangan maupun didalam ruangan. Walaupun gerakanya sangat amat sederhana, tapi squat sangat banyak sekali manfaat yang baik untuk latihan fitness agar tetap menjaga tubuh Anda menjadi sehat dan kuat.

Cara untuk melakukan gerakan squat yang sederhana ini posisi tubuh solah-olah berada duduk di kursi dengan kondisi tubuh membentuk 90 drajat denga posisi menahan beran dalam waktu beberapa detik. Tujuanya adalah mengencangkan otot bagian bokong dan otot bagian paha, lalu meingkatkan sirkulasi pencernaan diri Anda.

Bicycle Crunches

Gerakan olahraga bicycle crunches adalah salah satu latihan yang paling umum dilakukan untuk fitness baik didalam ruangan maupan diluar ruangan. Gerakan sederhana sekilas mirip dengan gerakan ketika Anda sedang melakukan sit up, hanya saja sedikit perlu mengangkat punggung bagian atas dari lantai, bukan keseluruhan punggung Anda diangkat dan tidak merasakan beban yang dirasakan. Latihan ini sangat mengurangi risiko cedera dalam olaharaga.

Cara melakukan gerakan bicycle Crunches :

  • Baringkanlah tubuh Anda pada posisi telentang pada di atas matras.
  • Letakkanlah kedua tangan Anda di belakang kepala atau disekitar telinga
  • Angkat posisi kepala anda sedikit meringkuk sekitar 45 derajat dari permukkaan matras dan tidak boleh sampai menyentuh matras
  • Melakukan gerakan seperti mengayuh sepeda, dengan posisi tekuk kaki kanan dan gerakan siku kiri sampai menyentuh lutut kanan dan lakukan gerakan posisi ini sama dengan satu sisi lainya.
  • Saat gerakan ini dilakukan, focus terhadap otot perut Anda
  • Ulangi gerakan ini selama 30 detik atau 10 kali (5 sisi kiri dan 5 sisi kanan)
  • Lakukan hal yang sama sebanyak 2 set

Cross Crunch

Salah satu gerakan fitness sederhana yang bisa untuk mengecilkan perut Anda dari lemak jahat dan membakar lemak perut, tetapi bisa juga untuk melatih otot-otot paha dan punggung Anda.

Cara melakukan latihan sederhana cross crunch :

  • Dimulai dari membaringkan diri anda dalam posisi telentang diatas matras seperti membentuk posisi huruf (X)
  • Letakkan lengan tangan dan kaki anda harus lurus, angkat tangan kea rah kanan dan kiri dengan tetap posisi terangkat lurus dan sejajar. Angkat kepala dan bahu saat melakukan gerakan ini.
  • Tetap berfokus pada otot bagian perut
  • Lakukan gerakan ini dengan sama memutar bahu dan mengganti posisi kaki Anda
  • Ulangi sebanyak 2 set masing-masing dalam 10 hitungan bagian kiri dan kanan

Reverse Crunch

Reverse Crunch hampir sama dengan posisi latihan sit-up memang sering disebut seperto itu, dam gerakan yang mampu membuat otot perut semakin kuat, cocok untuk anda yang mengingkan otot perut six packs dan keren.

Ini adalah latihan sederhana yang dapat anda lakukan dalam hitungan menit dan latihan yang sangat sederhana bagus untuk pemula dan penyuka pola hidup sehat. Anda akan menajdi sehat dan kuat setelah melakukan latihan ini untuk waktu yang rutin dan konsisten.

Cara melakukan latihan ini dengan benar seperti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama tubuh anda berbaring dan telentang dengan merapatkan kedua lutut dan kaki ditekuk 90 derajat dengan posisi menapak sejajar dengan matras. Lalu letakkan telapak tangan menghadap ke bawah matras
  • Kedua kecangkan otot perut Anda untuk mengangkat pinggul dari matras saat melakukan cunch pada lutut ke dalam posisi kea arah dada Anda. Berhenti sejenak di puncak gerakan, lalu turunkan punggung Anda tanpa melengkungkan dan mengangkatnya dari matras

4. Lat Pulldown

fitnish media 5zrPlR 5lP0 unsplash
Sumber : unsplash.com

Lat Pulldown adalah latihan multi-sendi yang menargetkan otot lattisimus dorsi atau lats, yaitu seperti otot besar yang berbentuk seperti kipas di kedua sisi punggung Anda. Latihan ini tergolong mudah untuk dilakukan, karena otot punggung lainya seperti rhomboids, teres major, area punggung tengah, lower trapezius, dan deltoids belakang (rear deltoids). Selain membentuk sekumpulan otot punggung, latihan ini juga melibatkan kinerja otot biceps.

Instruksi untuk melakukan lat pull down adalah sebagai berikut :

  • Pegang batang lat pull down dengan tangan yang sedikit lebih lebar dari bahu dengan telapak tangan menghadap ke depan.
  • Posisi duduk dengan tangan lurus ke atas dengan memegang batang lat pull down tersebut
  • Tarik batang lurus kebawah didepan kepala hingga tepat diatas dada Anda
  • Alternatif dari nomor 3 adalah menarik batang tersebut dibelakang kepala hingga pada leher

5. Side Step Squat

sergio pedemonte rZmCg1 QOYQ unsplash
Sumber : unsplash.com

Squat ini mirip dengan jongkok buasa yang bisa dipadukan dengan langkah kesamping atau melompat ke atas di setiap jongkok. Jadi atur napas saat anda berjongkok unutk bertujuan mengatur pernapasan Anda tetap terjaga. Kemudian langkahkan kaki kiri Anda ke kiri dan turunkan kebawah ke posisi jongkok dengan berat badan terpusat pada  antara kedua kaki.

Squat ini meningkatkan kinerja Anda dan fleksibilitas gerakan dari sisi ke sisi meningkatkan keseimbangan dinamis dan kelincahan Anda

Instruksi untuk melakukan Side Step Squat Adalah sebagai berikut :

  • Posisi Anda berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu
  • Lalu tekan pinggul ke belakang dan dilanjutkan dengan posisi jongkok
  • Berdiri, ambil langkah kecil ke samping dan jongkok lagi
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan sisi ke sisi ini sampai 10 set selesai

Semoga refrensi dan saran diatas dapat membantu semangat Anda memulai pola hidup sehat dan semangat untuk mengikuti langkah-langkah latihan diatas.

Reply