Apa Itu Asuransi Kelompok?

Asuransi kelompok adalah sebuah program yang dimiliki perusahaan asuransi yang isinya memberikan tanggungan pertolongan kepada sebagian orang didalam satu kontrak yang punyai interaksi erat atau spesifik dengan pemegang polis.

Menjadi, di dalam satu polis, anda bisa mencantumkan banyak orang yang punyai interaksi spesifik untuk memperoleh asuransi yang mirip. Misalnya saja, suatu perusahaan membeli asuransi yang digunakan untuk para pekerjanya.

Karakteristik Asuransi Kelompok

Adapun karakteristik yang dimiliki oleh asuransi kelompok, antara lain:

Karakteristik Penjelasan
Underwriting Suatu kelompok atau perusahaan tak perlu meninjau asuransi yang diambil untuk keperluan apa saja, entah itu kesehatan, moral perorangan dan sebagainya. Sebab, asuransi kelompok ditujukan untuk mencapai taksiran mortalita dan morbidita kelompok.
Kontrak Induk Perusahaan akan diberikan atau tidak sertifikat seperti asuransi perorangan. Hal ini tergantung dari kebijakan asuransi.
Biaya Lebih Rendah Penggunaan distribusi dan administrasi tidak seperti asuransi perorangan

Jenis Asuransi Kelompok

Asuransi kelompok miliki lebih dari satu jenis pilihan asuransi yang nantinya sebuah perusahaan bisa memilih asuransi berdasarkan keperluan perusahaan dan para pekerjaanya. Berikut lebih dari satu jenis asuransi kelompok yang umumnya ada di Indonesia, antara lain:

1. Asuransi Jiwa

Program bantuan bagi keluarga apabila berlangsung risiko yang tidak diinginkan, seperti kematian pada pemegang polis. asuransi jiwa ini punya jenis product, yaitu:

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)
  • Asuransi Jiwa Unit Link

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan yaitu perusahaan memberikan agunan kepada nasabah yang tertanggung untuk mengganti tiap-tiap biaya pengobatan mulai berasal dari medical check-up, perawatan rumah sakit, obat-obatan dan sebagainya.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan pastinya memberikan pertolongan pada kendaraanmu. Menjadi, pemilik kendaraan akan mengcover biaya pemugaran jika kendaraan rusak gara-gara kecelakaan dan risiko lainnya. Biasanya, pemegang polis ini juga sekaligus memperoleh pertolongan biaya pengobatan rumah sakit jika mengalami kecelakaan.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Asuransi kepemilikan rumah dan properti yaitu memberikan pertolongan atau ganti rugi jika berjalan rusaknya pada properti yang didaftarkan di dalam asuransi. Properti ini bisa didalam bentuk, rumah, gedung perkantoran dan aset properti lainnya.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan akan memberikan agunan biaya pendidikan anak jika sebuah saat nanti orangtua tidak bisa lagi melacak nafkah gara-gara mengalami risiko, seperti meninggal dunia, sakit keras atau stigma sebab kecelakaan.

6. Asuransi Bisnis

Anda bisa memberikan bantuan pada usaha yang tengah anda jalani dengan asuransi usaha. Dengan begitu, anda tak perlu risi lagi jika nantinya usaha mengalami kerugian finansial dikarenakan perusahaan asuransi akan menjamin ganti ruginya.

7. Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan pertolongan berupa ganti rugi kepada pemegang polis, jika mengalami rusaknya, kerugian atau kehilangan harta benda.

8. Asuransi Jaminan Hari Tua

Anda yang bekerja dan terdaftar sebagai pemegang polis asuransi agunan hari tua akan beroleh pemberian dengan uang tunai apabila pemegang polis memasuki masa pensiun, mengalami stigma agar tidak bisa bekerja lagi atau meninggal dunia.

Perbedaan Asuransi Kelompok dengan Asuransi Individuloader

Pastinya anda akan bertanya, apa bedanya asuransi kelompok dengan asuransi individu pada umumnya? Berikut penjelasannya:

Perbedaan Asuransi Kelompok Asuransi Individu
Premi Lebih murah Mahal karena dihitunga dari kebiasaan, gaya hidup dan faktor kesehatan lain
Administrasi dan Penagihan Dilakukan oleh perusahaan dengan potong gaji karyawan secara otomatis setiap bulannya Dilakukan oleh perorangan atau pemegang polis
Pertanggungan Berlaku satu tahun. Jika masa habis harus diperpanjang lagi oleh perusahaan Mencapai satu tahun atau seumur hidup
Seleksi pada Risiko Anggota atau karyawan akan mendapatkan perlindungan yang sama dari perusahaan asuransi. Harus melewati proses yang diwajibkan untuk mendapatkan persetujuan atau justru penolakan dari asuransi.

Tips Memilih Asuransi untuk Perusahaan

Bagi anda yang saat ini tengah merencanakan pengadaan asuransi untuk karyawan, ada lebih dari satu tips memilih asuransi berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (Ojk) yang bisa anda jadikan panduan, antara lain:

  1. Jangan hanya karena tertarik promo atau bentuk hadiah lainnya yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Tapi, pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
  2. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih sudah memiliki izin operasional oleh OJK. Dengan begitu, selama berkegiatan perusahaan asuransi tersebut mendapatkan pengawasan OJK.
  3. Kenali kualitas layanan perusahaan asuransi yang dipilih mulai dari pilihan produk hingga proses klaim asuransi. Pemilik perusahaan berhak menanyakan segala manfaat dan layanan yang diberikan pihak asuransi.
  4. Isi data perusahaan dan karyawan yang ditanggung dengan baik dan benar. Pastikan tak ada informasi yang salah pada formulir asuransi yang diberikan.
  5. Lakukan pembayaran premi asuransi kelompok tepat waktu
  6. Cek kembali semua berkas asuransi dengan detail.

Asuransi Terbaik di Indonesia

Forum Riset Media Asuransi (Lrma) menobatkan 36 perusahaan sebagai asuransi paling baik
di Indonesia 2021. Evaluasi berdasarkan sebagian kriteria, seperti perkembangan iuran pertanggungan asuransi neto, return on equity (roe), perkembangan aset dan keuntungan higienis, dan lainnya. Berikut daftarnya:

Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

PT Indolife Pensiontama
PT Asuransi Allianz Life Indonesia
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
PT Capital Life Indonesia
PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya
PT Great Eastern Life Indonesia
PT Asuransi Jiwa Astra
PT Axa Financial Indonesia
PT Pacific Life Insurance
PT Asuransi Jiwa BCA
PT PFI Mega Life Insurance
PT Asuransi Jiwa Nasional
PT Heksa Solution Insurance
PT Asuransi Central Asia Finance

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

PT Asuransi Sinar Mas
PT Asuransi Central Asia
PT Asuransi Multi Arta Guna Tbk
PT BRI Asuransi Indonesia
PT Great Eastern General Insurance Indonesia
PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika
PT AIG Insurance Indonesia
PT Asuransi Dayin Mitra Tbk
PT Asuransi Raksa Pratikara
PT China Taiping Insurance Indonesia
PT Asuransi Buana Independent
PT Asuransi Total Bersama
PT Asuransi Staco Mandiri
PT Asuransi Sumit Oto
PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia

Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

PT Asuransi Takaful Umum
PT Asuransi Askrida Syariah
PT Capital Life Syariah

Reinsurance Terbaik di Indonesia

PT Reasuransi Nusantara Makmur
PT Reasuransi Maipark Indonesia
PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk

Fasilitasi Perusahaan dengan Asuransi Kelompok

Perusahaan yang baik dan bagus tentunya punya fasilitas yang lengkap untuk karyawannya.
Salah satu fasilitas yang penting perusahaan mempunyai adalah asuransi untuk karyawannya.

Hal ini, tentunya akan membawa dampak karyawan bekerja dengan aman dan nyaman, agar mendorong semangat kinerja para karyawan untuk tetap memajukan perusahaan.