web hit counter ANGEL : Arti Kata Angel dalam Bahasa Jawa - idhealt.com

ANGEL : Arti Kata Angel dalam Bahasa Jawa

idhealt.com – Negara Indonesia punyai bahasa tempat yang sangat berbagai. Hal itu disebabkan oleh tersebarnya pulau, provinsi, dan suku berasal dari Sabang hingga Merauke.

Bahasa area yang miliki penutur terbanyak di Indonesia salah satunya adalah bahasa Jawa.

Hal itu dijelaskan di dalam buku Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar oleh Endang Sri Maruti.

Menurut Endang, bahasa Jawa adalah bahasa area terbesar berasal dari 672 bahasa tempat yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik 2010, bahasa Jawa miliki penutur paling banyak, yaitu lebih berasal dari 85 juta jiwa.

Pemanfaatan bahasa Jawa terbanyak berada di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Tempat Istimewa Yogyakarta.

Tak hanya itu bahasa Jawa juga digunakan di luar pulau Jawa sampai luar negeri.

Penerapan bahasa Jawa di luar Pulau Jawa antara lain di Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jawa, Nusa Tenggar Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan di luar negeri antara lain di Suriname, Singapura, dan Malaysia.

Contoh Kosakata Bahasa Jawa

Meskipun jadi bahasa yang paling banyak digunakan, terkadang rakyat yang tidak bertutur bahasa Jawa akan merasa asing dengan sebagian kosakata di dalamnya.

Salah satu kata di dalam bahasa Jawa, yaitu angel. Artinya sukar, susah, atau sulit. Cara membacanya tetap angel, bukan seperti angel di dalam bahasa Inggris yang dibaca ‘Enjel’.

Angel atau sulit merupakan salah satu jenis kata karakter.menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata karakter vital rupa dan suasana yang tampak pada sebuah benda atau tanda lahiriah.

Berikut ini contoh kata ciri-ciri didalam bahasa Jawa:

  • Angel (susah)
  • Ayu (cantik)
  • Gedhe (besar)
  • Cilik (kecil)
  • Resik (bersih)
  • Reged (kotor)
  • Kadhemen (dingin)
  • Sregep (rajin)
  • Larang (mahal)
  • Dhuwur (tinggi)

Fakta-fakta tentang Bahasa Jawa

Melansir laman bawuran-bantul.desa.id, terdapat sebagian fakta tentang bahasa Jawa, berikut di antaranya:

1. Bahasa Jawa Memiliki Banyak Penutur

Bahasa Jawa jadi bahasa dengan penutur terbanyak di Indonesia. Cakupannya meliputi tempat Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa timur.

Lebih dari satu masyarakat di tempat Banten dan masyarakat di kurang lebih kawasan Pantai utara, seperti Karawang, Cirebon, Indramayu dan Subang, juga menggunakan bahasa Jawa.

2. Memiliki Dialek atau Logat Berbeda

Bahasa Jawa miliki logat yang berbeda antara satu area dengan area lainnya. Logat orang yang tinggal di pesisir pantai utara berbeda dengan penutur di wilayah Solo dan Yogyakarta yang dikenal lembut.

3. Terbagi ke Dalam Beberapa Strata

Di dalam penduduk Jawa, terdapat lebih dari satu strata pilihan di dalam pemanfaatan bahasa Jawa. Jenjang itu mulai berasal dari bahasa yang kasar sampai bahasa yang halus.

Didalam ruang lingkup kehidupan penduduk Jawa, terdapat tiga ragam bahasa, yaitu ngoko, madya, dan krama.

Bahasa krama terbagi lagi jadi sebagian subbahasa, seperti bahasa Jawa krama inggil, krama desa, bahasa istana atau keraton, dan bahasa kasar.

Akhir Kata

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi website ini dan jangan lupa bagikan website ini kepada semua teman kalian dan ikuti terus idhealt.com agar tidak ketinggalan info terbaru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.