web hit counter Aksi Demo 11 April: Ribuan Mahasiswa Tiba di DPR, Jalan Gatot Subroto Ditutup - idhealt.com

Aksi Demo 11 April: Ribuan Mahasiswa Tiba di DPR, Jalan Gatot Subroto Ditutup

idhealt.com – Ribuan mahasiswa sudah tiba di depan gerbang Gedung Dpr, Jakarta Pusat,
Senin (11/4/2022) siang.

Mereka pun langsung menyuarakan tuntutan mereka, salah satunya adalah menampik wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Massa aksi tiba di depan gerbang kira-kira pukul 13.51 WIB sembari mengibarkan bendera organisasinya masing-masing.

Lebih dari satu peserta aksi langsung memanjat gerbang dan memasang sebagian lembar spanduk yang memuat tuntutan mereka, di antaranya adalah:

“Masa jabatan itu bukan sembako yang konsisten naik”

“#Onlyfans cepat, mafia minyak lama”

Koordinator aksi lantas mengatur supaya peserta perempuan memosisikan diri di tengah, dan peserta laki-laki diminta jadi perisai massa.

Di tengah kerumunan, enam mahasiswa dengan beraneka warna almamater berdiri di atas mobil dan bersiap menyampaikan orasi.

Sebelum tiba di Dpr, massa aksi sebelumnya berkumpul di Jalan Gerbang Pemuda, di depan Gedung Tvri, Jakarta Pusat.

Mereka berlangsung beriringan sembari menyuarakan permintaan mereka.

Waktu itu, sejumlah aparat kepolisian tampak mengawal massa di kurang lebih kawasan Gedung Dpr. Pihak kepolisian juga mengatur rekayasa lalu lintas.

Polisi menutup tiga ruas Jalan Gatot Subroto berasal dari arah Pancoran, Jakarta Selatan, menuju Slipi, Jakarta Jakarta Barat, dan meminta pengendara untuk memasuki jalur bus atau busway.

Langkah itu dijalankan sebab massa aksi sudah memadati tempat depan gerbang Gedung Parlemen sampai ke jalan raya.

Adapun unjuk rasa hari ini digelar mahasiswa yang tergabung di dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Semua Indonesia (Bem Si) untuk mengkritik munculnya wacarna perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Tak sekedar itu juga untuk mengkritik kenaikan harga bahan pokok.

Mulanya, lokasi demonstrasi mereka terletak di depan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Tapi dikarenakan Presiden Jokowi belakangan telah tegas menampik wacana perpanjangan masa jabatan, maka lokasi unjuk rasa digeser ke Gedung Dpr.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal beralasan, para mahasiswa kini ingin menuntut anggota DPR untuk taat pada konstitusi.

Sebagian bentuk ketaatan pada konstitusi yang akan mereka tuntut ialah supaya anggota dewan tak mengamendemen UUD 1945 untuk meningkatkan masa jabatan presiden jadi tiga periode atau menunda pelaksanaan pemilu.

“Karena kita ingin memastikan konstitusi yang ada berlangsung.

Maka berasal dari itu kita akan mengawal berasal dari UUD dan memastikan DPR RI laksanakan konstitusi dengan baik disesuaikan dengan yang udah ada,” kata Lutfhi, Senin (11/4/2022).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.