web hit counter 7 Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri - idhealt.com

7 Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri

idhealt.com – Payudara nyeri sebelah kiri bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai berasal dari persoalan pada payudara itu sendiri atau kasus lain yang pada organ-organ tubuh di balik dada sebelah kiri, seperti jantung. Tak sekedar itu, keadaan ini juga bisa berjalan pada remaja putri. Kenapa payudara sebelah kiri terasa nyeri dan apa penyebabnya? Simak jawabannya di sini.

Waspadai serangan jantung bila merasakan payudara nyeri sebelah kiri

Hal pertama yang harus langsung kamu pastikan bila merasakan payudara nyeri sebelah kiri adalah suasana jantung kamu. Ini karena jantung terletak di rongga dada sebelah kiri.

Melansir web Heart, gejala-gejala agresi jantung pada wanita berbeda dengan laki-laki. Bila kamu lihat di film-film, orang yang mengalami agresi jantung merasakan sakit yang hebat di dadanya sampai tersungkur ke lantai.

BACA JUGA

Pada wanita, gejala agresi jantung barangkali tidak sedramatis itu. Saat gejala agresi jantung umumnya sebagai berikut.

  • Nyeri dada tapi tidak selalu.
  • Nyeri atau tekanan di dada bagian bawah atau perut bagian atas.
  • Sakit rahang, leher, atau punggung atas.
  • Mual atau muntah.
  • Sesak napas.
  • Pingsan.
  • Gangguan pencernaan.
  • Sangat lelah.

Bila kamu punyai riwayat penyakit jantung atau faktor-faktor risiko penyakit jantung, sebaiknya Kamu waspada bila merasakan payudara sebelah kiri nyeri.

Untuk memastikan jantung kamu baik-baik saja, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.
Kebanyakan wanita tidak tahu dirinya mengalami agresi jantung sebab gejalanya yang
samar-samar.

Beberapa penyebab payudara nyeri sebelah kiri lainnya

Lebih dari satu penyebab payudara nyeri sebelah kiri lainnya. Jika kamu telah memastikan bahwa hal itu bukan karena situasi jantung, ada sebagian penyebab lain yang perlu kamu cari memahami.
Nyeri pada payudara sebelah kiri bisa disebabkan oleh beragam keadaan.

Mulai berasal dari persoalan pada payudara itu sendiri atau pada bagian tubuh lain di sekitarnya.
Secara umum, berikut ini lebih dari satu penyebab payudara nyeri sebelah kiri yang bisa saja kamu alami.

1. Cedera pada payudara

Payudara tersusun berasal dari kulit yang elastis dan jaringan yang sensitif. Di dalamnya terdapat jalinan saraf, pembuluh darah, kelenjar Asi, kelenjar minyak, dan lain-lain.

Ketika payudara kamu mengalami cedera, memar dan rasa nyeri bisa saja masih bertahan didalam waktu yang lumayan lama.

Kadang-Kadang, cedera itu dapat membuat rusaknya pada kelenjar lemak di payudara bengkak dan terasa sakit.

Bila ini berjalan di payudara bagian kiri kamu, akan muncul benjolan keras dan payudara terasa nyeri di sebelah kiri.

2. Efek samping operasi payudara

Ada sebagian pengaruh samping yang kemungkinan Kamu alami sesudah lakukan operasi payudara, baik untuk tujuan kecantikan maupun sebab tujuan medis.

Misalnya kamu memperbaiki payudara kiri gara-gara ukurannya tidak serupa dengan payudara kanan, kamu kemungkinan akan merasakan nyeri pada payudara sebelah kiri itu.

Biasanya, nyeri yang ditimbulkan berasal berasal dari luka bekas sayatan operasi. Ketidak nyamanan ini bisa saja berjalan semenjak operasi selesai dan membutuhkan perawatan yang lumayan lama.

Tak hanya rasa nyeri pada payudara, kamu barangkali mengalami gejala seperti sensasi panas dan nyeri di puting susu. Kram yang menjalar hingga ke bahu, leher, dan punggung juga bisa terasa.

3. Masalah pada kelenjar ASI

Infeksi atau peradangan bisa berlangsung pada kelenjar ASI salah satu payudara. Hal ini juga bisa mengakibatkan payudara sebelah kiri terasa nyeri.

Ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau fungi. Lebih dari satu kasus yang barangkali kamu alami antara lain.

  • Abses (jaringan bengkak dan bernanah) di bawah puting dan areola (area sekitar puting yang berwarna gelap).
  • Saluran ASI buntu atau terinfeksi sehingga menyebabkan mastitis, ekasia kelenjar ASI, dan berjamur.
  • Kista payudara dan fibroadenomas yaitu benjolan-benjolan pada payudara yang keras terasa nyeri.

4. Pengaruh hormonal

Perubahan hormonal juga bisa membawa dampak payudara terasa nyeri. Ini disebut juga dengan cyclical mastalgia, yaitu nyeri payudara yang mengenai dengan daur haid.

Melansir web site Johns Hopkins Medicine, kebanyakan wanita mengalami mastalgia pada masa suburnya sesudah itu berlanjut hingga memasuki periode haid.

Rasa nyeri yang terasa bisa sangat gampang namun bisa juga memadai mengganggu sampai menyulitkan kamu memakai pakaian yang menekan payudara seperti bra.

Nyeri barangkali berjalan pada salah satu payudara, misalnya di sebelah kiri atau sebelah kanan saja. Nyeri pun bisa menjalar hingga ke bagian ketiak.

5. Kanker payudara inflamasi

Melansir National Breast Cancer Foundation, pada umumnya, nyeri pada salah satu atau kedua payudara bukanlah salah satu gejala kanker payudara.

Meski begitu, ada salah satu jenis kanker payudara yang bersifat militan dan diawali rasa nyeri implikasi adanya peradangan. Jenis ini disebut kanker payudara inflamasi.

Melansir web National Cancer Institute, ini merupakan jenis kanker payudara yang sangat langka.
Keadaan ini dperkirakan cuman berlangsung kira-kira 1—5% berasal dari total kanker payudara.

Untuk mengantisipasi kanker payudara, melakukan inspeksi payudara sendiri (Sadari) secara rutin dan periksakan ke dokter bila Kamu menemukan hal aneh pada payudara.

6. Masalah lainnya di sekitar payudara

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab payudara nyeri di sebelah kiri atau kanan bisa disebabkan oleh persoalan seputar payudara atau persoalan lain tidak cuman payudara.

Ini sebab di tempat dada ada banyak organ, mulai berasal dari jantung, paru-paru, dan saluran pencernaan.

Nyeri pada payudara bisa menjadi adalah imbas berasal dari persoalan yang berlangsung pada organ-organ tubuh di dekatnya, seperti berikut.

  • Kostokondritis, yaitu peradangan pada tulang rawan bagian rusuk
  • Penyakit GERD, yaitu nyeri ulu hati yang menjalar sampai ke dada,
  • Fibromyalgia, yaitu pegal linu di sekujur tubuh,
  • Pneumonia, yaitu penyakit infeksi yang menyerang paru-paru

Tidak cuman kasus penyakit-penyakit pada organ tubuh lain, nyeri pada payudara juga bisa disebabkan oleh penyakit pada permukaan kulit seperti cacar air, alergi, iritasi, dan sebagainya.

7. Penggunaan bra yang tidak tepat

Di samping kasus-kasus yang disebutkan di atas, nyeri yang berlangsung di sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh pemakaian bra yang tidak tepat.

Ukuran bra yang tidak disesuaikan, misalnya amat ketat, paling kerap sebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara.

Bahkan bila ukuran payudara sebelah kanan dan kiri tidak simetris, salah satu payudara akan lebih tertekan daripada payudara lainnya.

Tak sekedar itu, lebih dari satu orang juga barangkali tidak nyaman menggunakan desain bra tertentu, misalnya yang menggunakan penyangga dawai supaya payudara jadi sakit.

Kenapa payudara sebelah kiri nyeri pada remaja?

Payudara nyeri juga sering dialami oleh remaja putri. Ini biasanya dikarenakan perubahan hormonal yang berjalan sejalan perkembangan payudara.

Tak hanya nyeri, kamu barangkali merasakan benjolan pada payudara. Hal ini sangat wajar menjadi tidak perlu risi berlebihan.

Bila rasa nyerinya lumayan mengganggu, tanyakan pada dokter obat apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengatasinya.

Kamu juga bisa mengompres payudara dengan air dingin atau hangat, kurangi minum kopi, coklat, dan teh, dan juga makan makanan yang sehat dan bergizi.

Bila kamu mencurigai penyebab yang tidak wajar kenapa payudara sebelah kiri nyeri pada remaja, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikannya.

Nantikan kabar-berita viral lainnya yang akan kita sajikan dengan informasi yang terupdate juga terpercaya menurut berasal dari sumbernya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.